Distribusi udang secara efektif membutuhkan suatu perencanaan yang didukung seluruh pemangku kepentingan dengan sistem transportasi yang baik.....
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Budi Sulistiyo mengungkapkan, Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) mampu mendukung ketersediaan udang yang bermutu secara kontinyu, harga stabil, serta mendukung pertumbuhan industri udang.
 
"Distribusi udang secara efektif membutuhkan suatu perencanaan yang didukung seluruh pemangku kepentingan dengan sistem transportasi yang baik. SLIN yang dijalankan KKP saat ini diharapkan mampu mendukung ketersediaan udang yang bermutu secara kontinyu, harga yang stabil, serta turut mendorong pertumbuhan industri udang," ujar Budi dalam keterangan resminya, Jumat.
 
Budi menuturkan, dengan implementasi SLIN yang berkaitan dengan rantai pasok udang dari hulu ke hilir diharapkan sistem ini dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Baca juga: KKP: Tambak budi daya udang Waingapu gunakan anggaran Rp7,5 triliun
 
Budi memaparkan udang menjadi komoditas utama ekspor produk perikanan Indonesia. Berdasarkan catatan pihaknya, pada Januari – April 2023, ekspor udang mencapai 567 juta miliar dolar AS atau menempati porsi 32,5 persen dari total ekspor produk perikanan dari Tanah Air.
 
"Ekspor udang di pasar utama seperti Amerika Serikat, Jepang, China, ASEAN, Uni Eropa, dan pasar potensial lainnya sangat perlu untuk ditingkatkan," paparnya.
 
Karenanya, Budi menilai distribusi udang secara efektif membutuhkan suatu perencanaan yang didukung seluruh stakeholder dengan sistem transportasi yang baik, salah satunya melalui SLIN yang mampu menjadi penopang untuk menjaga mutu dan keamanan hasil perikanan.
   
Sementara itu, Direktur Logistik Direktorat Jenderal PDSKP Berny A Subki mengurai, beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam rangka mendukung distribusi udang untuk tujuan domestik dan ekspor dari Sulawesi Selatan, di antaranya meningkatkan konsolidasi muatan melalui pemenuhan pasokan produk perikanan untuk tujuan ekspor dari wilayah Indonesia bagian timur.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023