Kloter Sapu Jagat memang sangat khas, karena meski sebelumnya jamaah calon haji mengikuti bimbingan manasik dengan beberapa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) namun pada praktiknya akan bertemu dengan jamaah calon haji lain yang berbeda KBIH
Batang (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap memberangkatkan 39 calon jamaah haji ke Tanah Suci, Mekkah, melalui Kelompok Terbang (Kloter) Sapu Jagat pada 18 Juni 2023 dan 21 Juni 2023.

Kepala Kantor Kemenag Batang Akhmad Farkhan di Batang, Jumat, mengatakan saat ini 39 calon jamaah haji sedang mendapatkan materi, baik kesehatan hingga tata cara ibadah haji.

"Kloter Sapu Jagat memang sangat khas, karena meski sebelumnya jamaah calon haji mengikuti bimbingan manasik dengan beberapa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) namun pada praktiknya akan bertemu dengan jamaah calon haji lain yang berbeda KBIH," katanya.

Ia mengatakan sebelumnya 39 calon jamaah haji ini telah mengisi surat pernyataan kesiapan untuk bergabung dalam Kloter Sapu Jagat.

Sebanyak 30 calon jamaah haji Kloter 85 B ini akan diberangkatkan pada 18 Juni 2023 dan 9 calon jamaah haji kelompok terbang 94 pada 21 Juni 2023.

Baca juga: Menag apresiasi Arab Saudi atas perbaikan pemberangkatan jamaah haji

"Kami memastikan 39 calon jamaah haji cadangan ini telah melunasi biaya penyelenggaraan haji sebesar Rp49,8 juta," katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Ida Susilaksmi mengimbau jamaah calon haji ini mempersiapkan kondisi fisik tetap prima agar mampu menjalankan ibadah wajib maupun sunnah selama di Tanah Suci.

Kesiapan berangkat haji ke Tanah Suci, kata dia, tidak hanya terbatas pada kemampuan untuk melunasi biaya penyelenggaraan haji saja, namun harus menyiapkan diri dari sisi kesehatan karena menunaikan ibadah haji seluruhnya melibatkan aktivitas fisik.

"Jamaah calon haji perlu mengetahui bahwa saat ini kondisi suhu di Tanah Suci mencapai 43 derajat Celsius. Artinya cuaca panas yang luar biasa, maka perlu kesiapan kondisi fisik yang prima," katanya.

Baca juga: Embarkasi Jakarta Siapkan Kloter "Sapu Jagat"

Pewarta: Kutnadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023