Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Sumatera Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan air bersih ke wilayah yang mengalami kekeringan di kota setempat.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Al Banna di Padang, Jumat mengatakan ada satu wilayah di Kota Padang yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

"Kita mendapatkan informasi langsung menyalurkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka menggunakan mobil tangki yang dimiliki BPBD Padang," katanya.

Menurut dia penyaluran air bersih ini dilakukan di kawasan Sebrang Pabayan RT 02, 03 RW 04 Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan

"Masyarakat telah menunggu air bersih dan meletakkan ember kosong di depan rumah mereka untuk diisi air bersih," kata dia.

BPBD Padang sendiri memiliki satu unit mobil tangki yang dapat membawa 5.000 liter air dalam sekali pengangkutan dan pihaknya akan berupaya melakukan dua atau tiga kali pengangkutan dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Hingga saat ini baru satu wilayah ini yang melapor kekeringan kepada kami dan kami siap menindaklanjuti jika ada daerah lain yang mengalami hal serupa," kata dia

Ia mengatakan Pemkot Padang telah melakukan kesiapsiagaan menghadapi dampak el Nino yang berdampak pada kekeringan akibat cuaca panas.

"Kita sudah menyiapkan mobil tangki dan melakukan pembersihan sebelumnya agar air bersih yang kita kirim dapat dikonsumsi masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan air bersih ini diambil dari sumber air Perum Air Minum Kota Padang di kawasan Gunung Pangilun Padang

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Perum Air Minum untuk menyalurkan bantuan ke wilayah kekeringan yang ada di Kota Padang. Kita menunggu laporan dan terus melakukan patroli di kawasan yang mengalami kesulitan air bersih nantinya," kata dia.***3***

Baca juga: Pemkab Purbalingga siapkan bantuan air bersih bagi masyarakat
Baca juga: Pemkab Situbondo bantah Desa Gunung Putri kekurangan air bersih

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023