Bapak Ibu dompet boleh ketinggalan tetapi jangan sampai ketinggalan handphone.
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengajak masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran melalui pembayaran digital, salah satunya melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).
 
Fili mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak membawa dompet saat bepergian, sebab dengan menggunakan telepon pintar maka pembayaran dapat dilakukan selama saldo di dalam akun bank tersedia.
 
"Bapak Ibu dompet boleh ketinggalan tetapi jangan sampai ketinggalan handphone. Kalau handphone ketinggalan repot gitu ya karena sekarang transaksi sudah dilakukan melalui QRIS,” kata Filianingsih saat membuka JaKreatiFest, di Jakarta, Jumat.
 
Penggunaan sistem pembayaran yang diluncurkan pada 2019 lalu ini, akan terus diedukasi ke masyarakat termasuk pelaku UMKM sebagai pilihan pembayaran yang cepat, mudah, murah dan andal.
 
Fili melaporkan, BI mencatat transaksi yang dilakukan melalui QRIS hingga Mei 2023 sebanyak 26 juta merchant yang 90 persen dari total tersebut merupakan UMKM.
 
"QRIS kita mempunyai target 45 juta pengguna dan Rp1 miliar transaksi sampai dengan posisi Mei 2023 sudah tercapai 26 juta merchant, yang 90 persennya UMKM," katanya pula.
 
Ia turut melaporkan, penggunaan QRIS juga sudah dapat dilakukan di negara Malaysia dan Thailand.
 
Target lain, QRIS akan dapat digunakan di Singapura, India, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi pada akhir tahun 2023.
 
Upaya ini diharapkan mampu mendongkrak transaksi lebih efektif, mempromosikan ekonomi inklusif dan keuangan digital, memperkuat stabilitas makro ekonomi dengan mempromosikan penggunaan mata uang lokal secara lebih ekstensif untuk transaksi bilateral.
Baca juga: Pembayaran lewat dompet digital di RI saingi pembayaran tunai
Baca juga: OJK optimis peningkatan transaksi keuangan digital terus berlanjut

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023