Beijing (ANTARA) - Bill & Melinda Gates Foundation pada Kamis kemarin mengumumkan akan menyumbangkan 50 juta dolar AS untuk Institut Penemuan Obat Kesehatan Global (GHDDI) yang berbasis di Beijing selama lima tahun.

Dana tersebut akan digunakan untuk mendukung pengembangan obat-obatan penyakit menular, seperti tuberkulosis dan malaria sehingga bisa meningkatkan kesehatan global, kata yayasan tersebut.

Penyakit-penyakit menular itu secara tidak proporsional memengaruhi orang-orang yang tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Sebagai organisasi penelitian nirlaba di China, GHDDI didirikan pada 2016 oleh Bill & Melinda Gates Foundation, bersama Universitas Tsinghua dan pemerintah Kota Beijing.

Pemerintah Kota Beijing akan memberikan dukungan keuangan dalam skala yang sama, sedangkan Universitas Tsinghua menjanjikan dukungan berkelanjutan untuk platform penelitian, transformasi pencapaian, dan pelatihan bakat.

Ding Sheng, kepala GHDDI yang juga profesor pada Universitas Tsinghua, menyebut putaran baru  dukungan finansial dan profesional itu sangat penting karena GHDDI berusaha mengatasi berbagai tantangan kesehatan global dengan mempercepat pengembangan obat baru. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023