Kami realistis dan menyadari bahwa Singapura masih yang terkuat di tenis meja ASEAN, jadi kalau ada di bawah mereka perak sudah cukup baik,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) hanya menargetkan meraih medali perak di SEA Games XXVII di Naypyidaw pada Desember mendatang.

"Kami realistis dan menyadari bahwa Singapura masih yang terkuat di tenis meja ASEAN, jadi kalau ada di bawah mereka perak sudah cukup baik," kata Sekretaris Jenderal kepengurusan sementara PB PTMSI M Arifin Thahir di Jakarta, Selasa.

Menurut Arifin perbedaan kelas yang ada di antara Singapura dan negara-negara lainnya dalam cabang olahraga tenis meja memang terlihat jelas, mengingat banyaknya atlet kelas dunia di tim mereka.

Peringkat dunia Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) memperlihatkan bahwa peringkat tertinggi atlet putra Singapura ada di posisi ke-16 yaitu Gao Ning, sementara Vicky Supit Santoso menjadi atlet dengan peringkat tertinggi dari Indonesia yaitu di posisi ke-361.

Kemudian di nomor putri atlet Singapura Feng Tianwei menempati posisi ke-6 dunia dan Indonesia hanya bisa mencapai peringkat ke-307 melalui Christine Ferliana.

"Kalau lawan negara lain seperti Vietnam, Thailand atau tuan rumah Myanmar kami masih berani," kata Arifin menambahkan.

Meski hanya menargetkan medali perak, Arifin mengungkapkan bahwa pihaknya sudah merumuskan pemusatan latihan bersama pelatih China dan melakukan uji coba melawan atlet Negara Tirai Bambu tersebut.

"Kami masih memperhitungkan efisiensi biayanya, apakah kami yang ke China atau mereka yang kami panggil kemari," kata dia.

Arifin mengatakan bahwa rencana tersebut masih menunggu persetujuan dari Satlak Prima.

Pada SEA Games XXVI di Palembang pada 2011 lalu, cabang olahraga tenis meja hanya menyumbangkan tiga medali perunggu melalui nomor tunggal putra, tunggal putri dan ganda campuran.

Christine Ferliana menyumbangkan dua medali perunggu melalui nomor tunggal putri dan ganda campuran saat berpasangan dengan Fauziah Yulianti. Sementara di nomor tunggal putra satu medali perunggu lain diperoleh Vicky Supit Santoso, yang juga merupakan putra legenda tenis meja Sinyo Supit peraih empat medali emas SEA Games.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013