Jakarta (ANTARA) - Di tengah aktivitas yang padat setiap harinya, sebagai seorang ayah, musisi Ditto Percussion dan presenter Rizky Kinos selalu menyempatkan waktu untuk bermain dengan anak.

Bagi Ditto, bermain bersama sang anak, Dia Sekala Bumi, merupakan cara untuk menciptakan quality time sebagai bentuk ekspresi cinta dan kasih sayang.

"Kita juga pengin punya quality time dengan anak, jadi bener-bener harus cari aktivitas yang banyak, salah satunya ya dengan bermain," kata suami Ayudia C itu dalam acara temu media di Jakarta, Jumat.

Di samping itu, Ditto juga mengatakan bahwa menghabiskan waktu luang bersama anak dengan bermain bersama merupakan salah satu cara untuk mendorong anak agar tidak menggunakan gawai berlebihan, terutama saat akhir pekan.

"Jelas kita waktu satu minggu itu tujuh hari. Jadi lima hari sekolah, bonding-nya mungkin pagi menyiapkan dia sarapan, anter ke sekolah, lalu jemput," ujar Ditto.

Baca juga: Main bersama cara ideal bangun ikatan dengan anak di era digital

"Tapi kalau weekend, itu hal tersulit buat para orang tua mungkin. Karena dia enggak sekolah, jam 8 sudah terbiasa bangun, jadi kita harus cari cara bagaimana supaya kita bisa terus nempel mengurangi waktu untuk gadget-nya," lanjut dia.

Sementara bagi Kinos, suami Nycta Gina itu mengatakan bahwa ia selalu menyempatkan waktu menemani sang anak, Panutan Adhya Semesta Trinycta atau yang akrab disapa Uta, guna mengembangkan keterampilan motoriknya.

"Kebetulan Uta ini anak yang wajib kena bonding time. Uta ini anak terapi, karena sensor motoriknya itu agak terlambat waktu kecilnya. Jadi, dia sama terapisnya diminta untuk banyakin active play, mainan atau aktivitas yang merangsang sensor motoriknya," ujar Kinos.

Baik Kinos maupun Ditto, keduanya merasa bahwa berbagai mainan termasuk Nerf membantu mereka untuk bonding bersama anak dan melatih sensor motorik anak.

"Walaupun kita tinggal di outdoor-nya bagus, sering keluar, tapi bosan itu tetap ada. Jadi kita harus cari, di luar itu ngapain, jadi kita bawa mainannya ke pantai dan lain-lain," kata Ditto.

Baca juga: Ibu Negara beserta OASE KIM bermain dengan anak-anak sekolah di Bali
Baca juga: Psikolog: Stimulasi anak dengan bermain di luar sangat penting

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023