Ribuan personel yang sudah disiapkan, sangat siap dikerahkan dalam menanggulangi karhutla dengan strategi yang telah kami persiapkan
Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Nanang Avianto mengatakan pihaknya sudah menyiapkan ribuan personel dan beberapa langkah strategis untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tersebut.

"Ribuan personel yang sudah disiapkan, sangat siap dikerahkan dalam menanggulangi karhutla dengan strategi yang telah kami persiapkan," katanya saat menyampaikan sambutan pada rapat koordinasi (rakor) karhutla yang dipusatkan di Palangka Raya, Jumat.

Pihaknya akan berupaya mengendalikan karhutla di provinsi tersebut secara terintegrasi, berkesinambungan, serta masif, guna mewujudkan Kalteng terbebas dari bencana asap yang bisa mengganggu aktivitas masyarakat.

Selain itu juga pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah seperti membentuk satuan tugas (satgas) karhutla yang didukung dengan pengadaan kendaraan taktis (rantis) khusus secara terpusat, berkolaborasi dengan stakeholder terkait.

"Dengan adanya satgas karhutla tentunya bisa menanggulangi persoalan karhutla tersebut," ucapnya.

Baca juga: BPBD: Hampir setiap hari ada karhutla di Palangka Raya

Sementara itu Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Erlan Munaji menambahkan pihaknya juga rutin melaksanakan patroli di daerah-daerah yang dianggap rawan terjadi karhutla.

Selain itu Polda Kalteng juga meningkatkan penegakan hukum bagi pelaku pembakaran lahan dengan aturan regulasi yang tegas.

"Diharapkan, dengan terlaksananya rakor ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkrit dalam mencegah dan menanggulangi karhutla di Kalteng," ucapnya.

Rakor karhutla tersebut juga dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dan Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Pangdam XII/Tanjungpura, serta unsur Forum Pimpinan Komunikasi Daerah (Forkopimda).

Sebelum dilaksanakan rakor karhutla, ribuan tim gabungan dari berbagai instansi juga melaksanakan gelar apel pasukan dan sarana prasarana penanganan karhutla yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jalan RTA Milono KM 1, Kota Palangka Raya.

Baca juga: Kepala BNPB: Pemda jangan buat perda yang beri kelonggaran bakar lahan
Baca juga: BNPB beri 1.620 unit peralatan penanganan darurat karhutla ke Kalteng
Baca juga: Pemprov perkuat penanganan karhutla wujudkan Kalteng bebas kabut asap


 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023