Kendari (ANTARA) - Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Kendari menggelar operasi katarak gratis bagi warga kurang mampu yang ada di daerah tersebut sebagai bentuk kepedulian sosial dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-77 tahun 2023.

"Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-77, Rumah Sakit Bhayangkara Kendari menggelar program operasi katarak gratis bagi warga kurang mampu," kata Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Kendari AKBP dr. Sukardi Yunus di Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu.

Sukardi menyampaikan bahwa program tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian bakti kesehatan Polri terhadap masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: RS Bhayangkara beri pengobatan gratis puluhan lansia di panti jompo

"Operasi katarak dilaksanakan dengan target 20 pasien. Dalam pelaksanaannya, terdapat tahap seleksi melalui uji penyaringan, di mana 10 pasien dinyatakan lolos dan akan menjalani prosedur operasi," katanya.

Ia menjelaskan para pasien yang telah dipilih bakal mendapatkan perawatan medis yang diperlukan untuk mengatasi kondisi katarak mereka.

"Dalam upaya menjalankan operasi katarak ini, Rumah Sakit Bhayangkara melibatkan seorang dokter spesialis mata dari mitra rumah sakit Polri tersebut," katanya.

Baca juga: Polda Maluku gelar bakti kesehatan gratis bagi masyarakat

Ia menuturkan kolaborasi dilakukan untuk memastikan proses operasi berjalan dengan baik dan pasien mendapatkan perawatan yang profesional. Dokter spesialis mata akan melakukan operasi katarak dengan estimasi waktu sekitar 30 menit per pasien.

Menurut dia, program operasi katarak gratis bagi warga kurang mampu ini memberikan harapan baru bagi mereka yang membutuhkan karena selain mengurangi beban finansial juga memberikan kesempatan bagi pasien untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan agar mereka dapat melihat dunia dengan lebih jelas.

Rumah Sakit Bhayangkara berharap program ini dapat memberikan dampak positif dan membantu masyarakat yang membutuhkan untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan guna meningkatkan kualitas masyarakat penyintas katarak.

Baca juga: Polda Sultra gelar aksi donor darah bantu ketersediaan stok

"Dengan program operasi katarak gratis ini dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-77, Rumah Sakit Bhayangkara Kendari menunjukkan komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada warga kurang mampu," demikian AKBP Sukardi.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023