Ambon (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melaksanakan bulan bakti kesehatan untuk membantu masyarakat di wilayah provinsi setempat dalam rangka menyambut HUT ke-77 Bhayangkara.

Bakti kesehatan yang dilaksanakan, yaitu donor darah, vaksinasi, operasi bibir sumbing, sunatan massal dan penanganan stunting. Seluruh kegiatan dilaksanakan secara gratis.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Maluku, Kombes Pol dr. Aris Sukarno, di Ambon, Kamis, mengatakan, kegiatan donor darah dilaksanakan hari ini dengan target 100 orang yang diikuti keluarga besar Polda Maluku.

Baca juga: Ditpolairud Polda Maluku temukan kapal cepat hilang di Perairan Kesui

"Target untuk vaksinasi sebanyak-banyaknya. Jadi, untuk warga yang ingin vaksinasi lanjutan boleh mendatangi Lapangan Tahapary atau Rumah Sakit Bhayangkara Ambon," kata Aris.

Selain donor darah, Polda Maluku juga melaksanakan vaksinasi yang dilaksanakan sejak 1 Juni 2023 dan akan berakhir pada 30 Juni 2023. Vaksinasi dibuka untuk usia 18 tahun ke atas dengan menggunakan vaksin Sinopharm.

Pengobatan massal dan vaksinasi juga akan dilaksanakan di Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah. Target pengobatan massal dan vaksinasi masing-masing 100 orang.

Kegiatan sunatan massal, lanjut Aris, juga dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara Ambon pada 22 Juni 2023, dengan target sebanyak 30 anak.

"Nanti pada 24-25 Juni juga akan dilaksanakan operasi bibir sumbing gratis di rumah sakit Bhayangkara yang bekerja sama dengan Persatuan Dokter Bedah Mulut dan Yayasan Smile Train Indonesia," katanya.

Baca juga: Polda Maluku tangkap pelaku persetubuhan anak bawah umur

Baca juga: Polda Maluku tangkap pelaku pencabulan anak delapan tahun


Penanganan stunting juga akan dilaksanakan oleh Polda Maluku. Tim Dokkes akan memberikan makanan tambahan yang bekerja sama dengan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) maupun Posyandu.

"Untuk stunting nanti kita ada pemberian makanan tambahan dengan mendatangi rumah-rumah. Kegiatan ini bekerja sama dengan PKK atau Posyandu," katanya.

Aris berharap kegiatan bakti kesehatan untuk menyambut hari Bhayangkara ke-77 tahun dapat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat. "Kami harapkan kegiatan ini dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Aris.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023