Makassar (ANTARA) - Jamaah haji Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, yang tergabung di Kelompok Terbang (Kloter) 32 menutup pemberangkatan calon haji asal daerah tersebut untuk musim haji 1444 Hijriah/2023.

Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana didampingi Kepala Kantor Kemenag Pangkep Muhammad Nur Halik di Makassar, Sabtu, mengatakan jamaah calon haji di Kloter 32 itu menutup pemberangkatan ibadah haji setelah semua jamaah sudah diterbangkan ke Mekkah, Arab Saudi.

"Alhamdulillah, semua jamaah haji kita sudah berangkat semua dan yang terakhir itu dari Kloter 32. Mereka semua sudah diterbangkan ke Mekkah dan semoga mereka semua bisa kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur," ujarnya.

Syahban Sammana mengatakan serangkaian persiapan dan proses terus dilakukan dengan tetap berkoordinasi dengan Kantor Kemenag Pangkep untuk pemberangkatan tersebut.

Baca juga: Pastikan keamanan, Kapolda Sulsel kunjungi JCH di Asrama Haji Sudiang

Baca juga: 252 calon haji Sidrap-Sulsel ikuti bimbingan manasik haji 2023


Dia menyebutkan kuota haji Kabupaten Pangkep sebanyak 300 calon haji, namun dengan adanya kebijakan dan penambahan kuota khusus untuk usia lanjut (lansia), sehingga total keseluruhan sebanyak 346 calon haji.

"Kuota jamaah haji kita itu 300. Setelah ada penambahan untuk kuota khusus lansia, jadi total semua itu 346, termasuk beberapa dokter dan tenaga kesehatan yang diutus mendampingi jamaah haji," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Pangkep Muhammad Nur Halik menambahkan jamaah calon haji asal Pangkep di Kloter 32 itu tergabung calon haji dari Kabupaten Barru, Takalar, Kota Makassar, Gorontalo dan Papua.

Untuk calon haji asal Pangkep sebanyak 44 orang, calon haji Kabupaten Barru 20 orang, Kabupaten Takalar sebanyak 29 orang, Kota Makassar sebanyak 3 orang, Gorontalo sebanyak 233 orang dan calon haji dari Papua sebanyak 59 orang.

"Total secara keseluruhan dari Kloter 32 itu sebanyak 393 orang calon haji termasuk lima orang gabungan pembimbing haji," ucapnya.*

Baca juga: Kakanwil Kemenag Sulsel ajak JCH tidak banyak selfie di Mekah

Baca juga: 348 calon haji Jeneponto-Sulsel ikuti bimbingan manasik haji 2023

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023