Shalat arbain merupakan shalat yang dilaksanakan sebanyak 40 waktu atau kurang lebih 8 hari di Masjid Nabawi secara berturut-turut dan tidak ketinggalan takbiratul ihram bersama imam
Pekanbaru (ANTARA) - Jamaah haji gelombang kedua musim haji Tahun 1444 H/2023 asal Provinsi Riau yang tergabung dalam Kloter BTH–32 dan BTH–33 saat ini sudah berada di Kota Madinah, Arab Saudi dan sedang melaksanakan ibadah shalat arbain.

"Dari Mekkah 369 orang jamaah haji Riau menuju Madinah dengan menggunakan 9 unit bus," kata  Ketua Kloter BTH–32 M. Fakih Khusni seperti disampaikan Humas Kemenag Riau, Ana, di Pekanbaru, Kamis.

Shalat arbain merupakan shalat yang dilaksanakan sebanyak 40 waktu atau kurang lebih 8 hari di Masjid Nabawi secara berturut-turut dan tidak ketinggalan takbiratul ihram bersama imam

Jamaah tersebut berangkat dari Hotel Tharawat At-Taqwa 402 dan Murjan Al-Manar 414, dan sejak Senin (24/7 2023, meninggalkan Mekkah menuju Madinah.

M. Fakih Khusni melaporkan bahwa jamaah haji Kloter BTH-32 tersebut sudah sampai di Madinah dan memulai arbain shalat Magrib pada 23 Juli 2023.

Sementara itu Ketua Kloter BTH – 33 M. Asrul Shamad HSB melaporkan seluruh jamaah dalam kondisi kesehatan stabil terkendali.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Riau Mahyudin mengatakan apresiasi dan terima kasih kepada petugas yang membawa dua kloter jmaah haji asal Provinsi Riau untuk sampai di Kota Madinah melaksanakan arbain dan menjalankan ibadah-ibadah sunnah hingga berziarah ke berbagai destinasi yang kental akan sejarah Islam.

"Terima kasih kepada petugas dua kloter asal Provinsi Riau yang saling bekerja sama untuk memberikan layanan terbaik kepada jamaah hingga sampai di Kota Madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah arbain," katanya.

Ia kembali mengingatkan jamaah untuk tetap mematuhi pesan-pesan kesehatan yang disampaikan petugas kesehatan haji mulai dari jangan menunggu haus hingga tetap memakai Alat Pelindung Diri (APD) setiap menjalankan aktivitas di luar hotel.

"Jemaah agar tetap menjaga asupan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Hingga pada waktu kembali ke Tanah Air, jemaah dalam kondisi yang prima dan sehat," demikian Mahyudin. 

Baca juga: PPIH: Jemaah haji gelombang kedua berangkat ke Madinah mulai 10 Juli

Baca juga: Satu calon haji Riau dirawat di RSAS Madinah

Baca juga: Jemaah diimbau untuk tidak memaksakan shalat di Nabawi jika kondisinya tidak fit

Baca juga: Kemenag kembali mengingatkan jemaah haji untuk tidak merokok di area Masjid Nabawi


 

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023