Fase pemulangan jamaah haji Provinsi Riau secara berangsur-angsur adalah 374 orang kloter BTH-02/EHA-01 sejak Rabu (5/7) dan 374 orang  kloter BTH-04 asal Kabupaten Kampar pada Kamis (6/7) pukul 02.00 WIB
Pekanbaru (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Riau menyatakan bahwa sebanyak 748 peserta ibadah haji provinsi itu telah kembali dari Tanah Suci hingga Kamis (6/7) 2023  melalui dua kelompok terbang (kloter).

"Fase pemulangan jamaah haji Provinsi Riau secara berangsur-angsur adalah 374 orang kloter BTH-02/EHA-01 sejak Rabu (5/7) dan 374 orang  kloter BTH-04 asal Kabupaten Kampar pada Kamis (6/7) pukul 02.00 WIB," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Riau, H. Syahruddin, di Pekanbaru, Kamis..

"Atas nama pemerintah Provinsi Riau dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Debarkasi Haji Antara Riau kami mengucapkan selamat datang, dan kepada seluruh jamaah haji. Mari kita jaga nilai-nilai ke-mabruran, nilai- nilai yang kita dapatkan selama di Tanah Suci," katanya.

Ia mengatakan, ada dua ciri haji mabrur yakni suka memberi makanan atau dermawan dan yang kedua sering menebarkan kedamaian, keselamatan dan tidak suka menyakiti orang atau santun dalam berbicara.

Selama di Arab Saudi, katanya, jamaah haji selalu melaksanakan shalat berjamaah dan ketika sudah di kampung diharapkan tetap meramaikan masjid dengan shalat berjamaah yang harus dijaga agar bisa menjadi contoh.

"Terima kasih kepada petugas haji, ketua rombongan yang telah memberikan layanan terbaik kepada JH selama penyelenggaraan ibadah haji yang sudah bekerja sama untuk penyelenggaraan ibadah ini dengan baik. Petugas bekerja melebihi SOP, semoga apa yang dilakukan petugas bernilai ibadah dan dibalas yang setimpal oleh Allah SWT," kata Syahrudin.

Ia menambahkan sampai saat ini sudah ada 12 jamaah Riau yang wafat di Tanah Suci. "Mari doakan mereka semoga mendapat tempat di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan kekuatan, Amin ya rabbal alamin," katanya.

Ketua Kloter BTH-04 H. Dendi Irawan melaporkan bahwa jumlah JH Kloter BTH-04 saat pergi dan kembali ke Tanah Air berjumlah sebanyak 374 orang, namun tiga orang jamaah tinggal di Batam.

"Jumlah jamaah Kloter BTH-04 saat pergi 374 dan Alhamdulillah kembali dengan jumlah yang sama. Namun sedih ketika ada tiga orang yang harus tinggal sementara di Kota Batam karena sakit," katanya.

Ia menyatakan syukur karena bisa melaksanakan ibadah dengan seelok dan sebaik mungkin walaupun haji tahun ini merupakan haji yang dituntut untuk menjadi seperti Uwais Al Qorni. Dahulu Uwais Al Qorni bangga membawa ibunda tercinta untuk mendampingi melaksanakan ibadah haji.

"Tetapi hari ini kita bisa menjadikan ibu saudara kita seperti ibu sendiri. Itulah program Kementerian Agama yang telah dibuktikan oleh para petugas yang ada saat dan ketika melayani jamaah haji ketika berada di Mekkah," demikian Syahruddin.

Baca juga: Gelombang pertama sebanyak 374 jemaah haji Riau tiba di Pekanbaru

Baca juga: Dua jemaah asal Riau dirujuk ke RSBP karena sakit

Baca juga: Gelombang pertama jemaah haji kembali ke Riau pada 4 Juli 2023 

Baca juga: Peserta haji asal Bengkalis meninggal dunia di Mina

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023