Meskipun terlihat lelah, jemaah asal Kabupaten Indragiri Hilir ini tetap semangat dan ceria untuk kembali ke kampung halaman.
Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 368  Jamaah Haji asal Provinsi Riau dan petugas yang tergabung dalam Kloter BTH-06 tiba di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jumat dengan kali penerbangan dari Batam.

"Ke-368 JH itu merupakan bagian dari 371 total JH Riau yang sudah tiba di Batam namun tiga orang kini di rawat di RS BP Sekupang Batam karena sakit," kata H. Indra Sabarianto PPIH Riau di Pekanbaru, Jumat.

Menurut dia, setelah melalui proses x-ray jemaah dibawa menuju Asrama Debarkasi Haji Antara Riau.

Meskipun terlihat lelah, jemaah asal Kabupaten Indragiri Hilir ini tetap semangat dan ceria untuk kembali ke kampung halaman.

Jadi katanya menyebutkan, total JH Riau yang sudah kembali ke Tanah Air pada hari ini adalah sebanyak 371 orang terdiri dari jemaah dan petugas.

"Akan tetapi dari jadwal semula JH kloter-6 itu yang akan pulang Jumat (7/7) seharusnya sebanyak 372 orang, namun tertunda karena seorang atas nana Mukhtar bn Suntung Kacur masih dirawat di Rumah Sakit Al Noor Mekkah," katanya.

Sampai di tanah air, katanya lagi, sebanyak tiga JH asal Inhil harus dirujuk ke RS BP Sekupang Batam. Sehingga jemaah yang ada saat ini berjumlah 368 orang bersama petugas.

Sementara itu Kepala Biro Kesra Sekdaprov Riau Zulkifli Syukur saat menerima JH BTH-6 mengatakan JH agar menjadi panutan bagi keluarga dan masyarakat dan selalu meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Bagi bapak ibu jamaah haji yang kembali dari tanah suci dan berada di keluarga dan di masyarakat agardapat menjadi panutan dengan selalu meningkatkan ketaqwaan dan memperbanyak amal ibadah kepada Allah SWT tunjukkan prilaku yang baik di masyarakat dan lingkungan," katanya.

Zulkifli yang juga Sekretaris PPIH Debarkasi Haji Antara Riau juga menyampaikan apresiasi kepada petugas yang telah memberikan pelayanan kepada jemaah haji.

"Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada petugas kloter, TPHD, TKHD, ketua rombongan dan ketua regu, seluruh jemaah haji dan Pantia Penyelenggaraan Ibadah Haji Debarkasi Haji Antara Riau dan Panitia Daerah, kepada jemaah haji selamat datang hingga kembali ke kampung halaman," katanya.
Data JH BTH-06 yang masih dirujuk ke Rumah Sakit Mekkah dan Batam adalah

1. Mukhtar bn Suntung Kacur, masih dirawat di Rumah Sakit Al Noor Mekkah, disafariwukufkan oleh Maktab 21, dan dibadal ifadhah dan Wada' oleh Ketua Klote.
2. Abdullahi bin Abdul Fatah jamaah ini masuk safari wukuf oleh KKHI, saat ini tunda pemulangan, krn kondisi kesehatan, dirujuk ke RS BP Sekupang Batam, karena saturasi O2 rendah 66 persen

3. Abdul Halim bin Hasan dirujuk ke RS BP Sekupang Batam, karena saturasi O2 rendah 66 persen.

4. Yurlinamo bnt Namo dirujuk ke RS BP Sekupang Batam, krn saturasi O2 rendah 40 persen. 
Baca juga: Kemenag: 748 peserta haji sudah tiba kembali ke Riau
Baca juga: Dua jamaah haji asal Riau dirujuk ke RSBP karena sakit
Baca juga: 374 jamaah haji Riau kloter pertama tiba di Pekanbaru

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023