Makassar (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Ujung Pandang (UPG), Makassar, menerima tiga kelompok terbang (kloter) jamaah haji yang tiba secara berturut-turut di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi UPG, Wahyuddin Hakim di Makassar, Sabtu, mengatakan tiga kloter yang masuk dalam sehari yakni Kloter 34, 35 dan Kloter 36 dengan jumlah calon haji sebanyak 1.179 orang.

"Biasanya kami hanya menerima dua kloter sehari, tapi kali ini langsung kita terima tiga kloter," ujarnya.

Wahyudin Hakim mengatakan penerimaan Kloter 34 dimulai Pukul 08:00 WITA yang yang berasal dari Provinsi Maluku dengan total calon haji (calhaj) berjumlah 393 orang, yang terdiri dari 146 calhaj lansia dan 246 calhaj reguler.

Baca juga: Kloter 32 tutup pemberangkatan jamaah haji Pangkep

Baca juga: Pastikan keamanan, Kapolda Sulsel kunjungi JCH di Asrama Haji Sudiang


"Untuk di Kloter 34 itu ada 146 calon haji lansia dan yang paling tua berusia 98 tahun atas nama Abdullah Abdul Latief Semarang," katanya.

Selanjutnya Kloter 35 tiba pada pukul 10:00 WITA. Kloter ini merupakan gabungan dari jamaah yang berasal dari Provinsi Maluku, Kabupaten Sinjai, Kota Makassar dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Adapun rinciannya adalah, 304 calhaj berasal dari Provinsi Maluku, 12 calhaj dari Kabupaten Sinjai, satu calhaj dari Kabupaten Barru dan 23 calon haji lainnya dari Kota Makassar.

Di kloter ini terdapat 145 calon haji lansia, dan yang tertua berusia 96 tahun atas nama Ibrahim Kadoga Sehwaky dari Kabupaten Seram Timur, Maluku.

Kloter terakhir yang diterima di Aula Arafah pada pukul 20:00 WITA adalah jamaah dari Provinsi Sulawesi Barat yang tergabung dalam Kloter 36.

Kloter ini berisikan 388 calon haji dengan jamaah lansia sebanyak 93 orang (laki-laki 44 orang dan perempuan 49 orang). Jamaah usia tertua pada kloter ini berusia 99 tahun bernama Unggu Palewai Puangetung.

Kedatangan jamaah di Asrama Haji Makassar ini telah diantisipasi oleh PPIH Embarkasi UPG dengan mempersiapkan segala sesuatunya, sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke Baitullah menjalankan ibadah haji.

Wahyuddin Hakim saat menerima kehadiran para tamu-tamu Allah itu mengatakan PPIH dan petugas Embarkasi Makassar berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah dan memastikan kenyamanan serta keselamatan jemaah sepanjang perjalanan mereka.

“Kita layani sesuai jadwal kedatangan di asrama haji Embarkasi Makassar, bahkan kita layani mereka lebih cepat dibanding waktu yang ditentukan. Tentu kita berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada mereka,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembekalan Faturrahman menyampaikan bahwa dalam penerimaan jamaah itu, pihaknya akan memaksimalkan para petugas yang ada, dengan harapan segala kendala bisa teratasi dengan cepat dan proses penerimaan dapat berjalan dengan baik.

“Kita akan mengerahkan seluruh potensi yang kita punya dalam memberi pelayanan terbaik kepada jemaah. Semoga perjalanan jamaah lancar dan ibadah haji mereka diterima dengan baik di hadapan Allah SWT,” ucap Faturrahman.*

Baca juga: 252 calon haji Sidrap-Sulsel ikuti bimbingan manasik haji 2023

Baca juga: Kakanwil Kemenag Sulsel ajak JCH tidak banyak selfie di Mekah

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023