Bandarlampung (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung menyatakan belum menentukan sikap terkait calon ketua umum yang akan dipilih menjelang Kongres PWI pada September 2023 di Bandung Jawa Barat.

"Sepengetahuan saya ada empat kandidat yang akan bertarung menjadi Ketua Umum PWI Pusat. Kami (PWI Lampung, red) hingga saat ini belum menentukan sikap siapa yang bakal dipilih," kata Ketua PWI Provinsi Lampung, Wirahadikusumah, saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu.

Empat calon kandidat yang diperkirakan akan bertarung untuk pemilihan Ketua Umum PWI Pusat yakni Akhmad Munir (Cak Munir), Ketua PWI Riau, Hendri Ch Bangun dan Ketua Umum PWI Pusat saat ini Atal S Depari.

Ia menyebutkan pengurus PWI Lampung dalam waktu dekat akan menggelar rapat dan salah satu pembahasannya adalah Kongres PWI.

Baca juga: Akhmad Munir tegaskan siap maju pemilihan Ketua Umum PWI Pusat

Baca juga: PWI Jawa Barat siap sambut pelaksanaan Kongres PWI 2023


PWI Lampung memiliki lima suara pada pemilihan ketua umum PWI Pusat mengingat anggotanya lebih dari 600 orang.

"Dalam rapat nanti, kami juga akan membahas kongres PWI mendatang. Tapi sekali lagi hingga saat ini kami belum menentukan sikap terkait calon yang akan dipilih," ujarnya.

Terkait harapannya dengan kepengurusan PWI Pusat mendatang, Wira mengharapkan adanya peningkatan sumber daya manusia (SDM) wartawan yang mumpuni mengingat saat ini perkembangan teknologi informasi, digital, medsos, dan informasi lainnya kian masif.

Karena itu, katanya, wartawan dituntut tak hanya pandai menulis, tapi juga memiliki kemampuan pengetahuan teknologi informasi dan digital.

"Wartawan harus memiliki wawasan luas, memiliki konvergensi media dan dapat bersaing di era digital saat ini," ujarnya.

Di sisi lain, Wira menambahkan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) masih dibutuhkan agar mereka kompeten dan memiliki kode etik sebagaimana diamanatkan dalam UU Pers.

Namun demikian, menurutnya kurikulumnya harus diubah seperti UKW media radio, televisi, online maupun cetak masing-masing tersendiri pelaksanaannya dan tidak digabung seperti saat ini.*

Baca juga: Ilham Bintang sebut Akhmad Munir layak maju Ketua Umum PWI Pusat

Baca juga: PWI Jatim lamar Akhmad Munir maju Ketum PWI Pusat 2023-2028

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023