Mamasa (ANTARA) - Masyarakat di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diminta membantu mempromosikan kopi Mamasa yang menjadi komoditi andalan Sulbar agar dikenal untuk memacu pembangunan daerah.

"Kopi Mamasa harus dikenal diseluruh Indonesia, dan diseluruh dunia yang telah menjadi komoditi unggulan di Sulbar," kata Penjabat Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakhrullah di Mamasa, Sabtu.

Ia mengatakan, masyarakat Sulbar dan khususnya di Kabupaten Mamasa diminta untuk mempromosikan kopi Mamasa agar terus dapat berkontribusi bagi pembangunan ekonomi daerah.

"Pemuda di Sulbar mesti dilibatkan dan didorong mempromosikan kopi Mamasa melalui media sosial kareba diera digital ini, promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara agar kopi Mamasa semakin diminati dan membuat masyarakat diseluruh Indonesia maupun seluruh dunia," katanya.

Baca juga: Kemenkumham dorong kopi Mamasa didaftarkan sebagai indikasi geografis

Baca juga: Setiap tahun, ekspor kopi Mamasa 400 ton


Menurut dia, pemerintah Sulbar juga akan mendorong agar Kabupaten Mamasa menjadi daerah penghasil kopi terbesar di Provinsi Sulbar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi daerah.

Ia mengatakan, pemerintah Sulbar akan menyalurkan bibit kopi bagi masyarakat untuk mengembangkan budidaya tanaman kopi sehingga produksi kopi meningkat.

"Bibit kopi akan disalurkan untuk 100 hektare lahan masyarakat di Kabupaten Mamasa, selain itu Pemerintah Pusat akan diminta untuk membantu pengembangan kopi di Mamasa," katanya.

Berdasarkan data pemerintah, produksi kopi Mamasa untuk kopi arabika mencapai sekitar 1.000 ton dengan luas areal mencapai 6.500 hektare sementara produksi kopi robusta mencapai 961 ton dengan luas areal mencapai 5.000 hektare.

Gubernur berharap dukungan semua pihak dalam upaya peningkatan produksi dan pemasaran kopi di Sulbar karena itu akan mendorong pembangunan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.*

Baca juga: Kejati tetapkan tersangka baru kasus korupsi bibit kopi di Mamasa

Baca juga: Kejati Sulbar tahan tersangka korupsi pengadaan bibit kopi di Mamasa

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023