Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait hujan berdurasi singkat berpotensi terjadi di sebagian Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Timur (Jaktim) pada Minggu petang, dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG di laman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Minggu, potensi hujan ringan di dua kota itu terjadi dalam rentang waktu pukul 13.00 hingga 16.00 WIB.

Laman BMKG menginformasikan, angin di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada pukul 13.00 WIB bergerak dari timur laut mengarah ke barat daya dengan kecepatan 10 kilometer per jam.

Kemudian, pada pukul 16.00 WIB, angin bergerak dari utara mengarah ke selatan dengan kecepatan sama.

Saat itu, kelembaban udara 70 persen dan suhu udara mulai turun dari 31 derajat menjadi 30 derajat celsius.

Untuk prakiraan cuaca Jakarta Barat juga berpotensi hujan ringan, namun tidak terjadi di semua kecamatan. Sebagian kecamatan seperti Grogol Petamburan, Tambora dan Taman Sari malah tidak berpotensi hujan, melainkan cuaca berawan.

Secara umum prakiraan cuaca di lima wilayah kota dan satu kabupaten di Provinsi Jakarta pada Minggu adalah berawan dengan suhu berkisar 24 derajat hingga 31 derajat celsius dan kelembaban udara 70 hingga 100 persen.

Baca juga: BMKG memprakirakan Jakarta hujan hingga berawan sepanjang hari

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023