Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita perkotaan di DKI Jakarta pada Sabtu (17/6) dapat dijadikan referensi pembaca pada Minggu, di antaranya mengenai persiapan Indonesia melawan Argentina hingga soal waktu ideal penyaluran daging kurban menurut ahli.

Berikut rangkumannya:

1. Polisi dikerahkan amankan pertandingan bola Indonesia lawan Argentina

Polda Metro Jaya mengerahkan 5.596 personel gabungan untuk mengamankan pertandingan sepak bola antara Indonesia melawan Argentina yang akan digelar pada hari Senin (19/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat.

"Kita siapkan ada 5.596 personel untuk pengamanan laga Timnas Indonesia melawan Argentina," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya


2. 16 kambing hangus akibat kebakaran di Jaktim

Kebakaran di Jalan Buaran I RT 008/RW 04 Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, pada Sabtu menghanguskan sedikitnya 16 ekor kambing, dua unit rumah tinggal dan satu toko mebel dengan nilai kerugian total hingga Rp200 juta.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, area yang terbakar kurang lebih 80 meter persegi (m2) milik warga berinisial A.

"Dugaan awal, api berasal dari arus pendek (korsleting) listrik," kata Gatot.

Baca selengkapnya


3. Penyaluran daging kurban setelah lima jam pemotongan rentan kuman

Akademisi dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr Med Vet drh Denny Widaya Lukman MSi mengemukakan, penyaluran daging kurban yang dilakukan lima jam setelah pemotongan rentan kuman penyakit berbahaya untuk manusia.

"Karena setelah lima jam, biasanya daging di suhu kamar atau di ruangan yang tanpa pendingin, kalau ada satu kuman saja, itu setelah lima jam akan menjadi satu juta (jumlahnya)," kata Denny dalam diskusi publik secara daring yang dilakukan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Provinsi DKI Jakarta pada Sabtu malam.

Baca selengkapnya


4. Dishub DKI siapkan strategi atasi kemacetan akibat kendaraan pribadi

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan strategi untuk mengatasi kemacetan Jakarta yang semakin parah akibat pergerakan kendaraan pribadi ke Jakarta yang semakin cepat dan masif.

"Perlu dipahami pergerakan kendaraan pribadi ke Jakarta itu semakin cepat dan masif. Contohnya hadirnya tol Depok-Antasari sudah sampai Sawangan, lantas dari Bekasi Becak Kayu sekarang turun ke Kampung Melayu, dan yang dari arah utara, nanti akan ada Cibitung turun di Cilincing," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya


5. TransJakarta optimis capai target empat juta pelanggan pada 2025

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) optimis mampu mencapai target empat juta pelanggan pada 2025 melalui peningkatan mutu pelayanan dengan cara peningkatan produktivitas hingga mempertimbangkan beban penumpang (load factor).

"Mekanisme yang bisa kita lakukan untuk mencapai empat juta pelanggan itu yakni yang sifatnya peningkatan produktivitas dan beban penumpang (load factor)," kata Direktur Utama PT TransJakarta Welfizon Yusa kepada wartawan di Jakarta Selatan, Sabtu.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023