Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - Tuan rumah Indonesia meraih kemenangan mudah atas Makau dalam laga perdana Grup A kejuaraan bola voli putri AVC Challenge Cup 2023 di GOR Tridharma, Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Minggu.

Dalam laga yang disaksikan Menpora Dito Ariotedjo, Presiden Konfederasi Bola Voli Asia (AVC) Rita Subowo dan Ketua Umum PP PBVSI Imam Soedjarwo, tim Merah Putih menang telak 3-0 (25-7, 25-18, 25-8).

Pelatih Timnas Indonesia Alim Suseno yang buta kekuatan lawan langsung menurunkan pemain utama dalam laga perdana ini, yakni Megawati Hangestri, Wilda Siti Nurfadilah, Agustin Wulandari, Mediyoku, Ratri Wulandari, dan Arneta di posisi setter.

Hasilnya, Indonesia sangat mendominasi permainan dan hanya memberi tujuh angka pada lawannya untuk menang 25-7.

Memasuki set kedua, Makau sempat memberikan perlawanan dengan memperkuat blok untuk menghadang serangan Megawati dan kawan-kawan. Sempat bersaing angka ketat hingga 10-10, Makau akhirnya kesulitan menahan gempuran tuan rumah dan kembali kalah 18-25.

Pada set ketiga, Alim Suseno merotasi seluruh pemainnya dengan memasukkan Hani Budiarti, Nandita Ayu, Myrasuci, Yolla Yuliana, Aulia Maulidina, dan Tisya (setter). Hasilnya, Indonesia tetap dominan dan kembali menang telak 25-8.

"Alhamdulillah bisa menang, meski awalnya memang sempat meraba-raba kekuatan Makau. Ini modal bagus untuk menghadapi laga berikutnya," kata Alim Suseno usai pertandingan.

Dia menyebut kualitas permainan anak asuhnya berada satu tingkat di atas Makau sehingga tidak kaget ketika bisa menang dengan sangat mudah. "Bukan kami meremehkan lawan, tapi kenyataan memang seperti itu,” tambahnya.

Pemain Timnas Indonesia Megawati Hangestri menambahkan seluruh pemain sudah tampil maksimal untuk mengamankan kemenangan di kandang sendiri. "Ini laga pertama, masih ada beberapa kesalahan yang perlu dibenahi juga," katanya.

Setelah lawan Makau, Timnas Indonesia dijadwalkan bertemu Filipina pada laga penyisihan berikutnya hari Selasa (20/6). Jika kembali menang, Indonesia akan menjadi juara Grup A.

Sementara itu, pelatih Timnas Makau Ng Wai Keong mengakui kekuatan tuan rumah Indonesia dan timnya banyak belajar dari pertandingan hari ini.

"Selamat kepada Indonesia, mereka bermain lebih bagus dari kami. Secara keseluruhan, tim kami sudah memberikan perlawanan maksimal," katanya.


Baca juga: Pelatih Indonesia buta kekuatan Makau pada AVC Challenge Cup 2023
Baca juga: Yolla Yuliana akui sempat sedikit kesulitan beradaptasi di timnas
Baca juga: PBVSI targetkan Indonesia masuk empat besar di AVC Challenge Cup 2023


Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023