Jakarta (ANTARA) -
Tim bola voli putra Indonesia sukses mengawali AVC Challenge Cup 2023 dengan kemenangan atas Sri Lanka di University of Taipei Gymnasium, Taiwan, Sabtu.
 
Dalam laga babak penyisihan Pol F, skuad Merah Putih melibas Sri Lanka dengan skor 3-1 ( 25-21, 25-19, 20-25, 25-17).
 
Pelatih Jeff Jiang Jie menurunkan komposisi terbaik pada awal pertandingan yakni Dony Haryono, Hernanda Zulfi, Dio Zulfikri, Fahreza Rakha Abhinaya, Farhan Halim, dan Rivan Nurmulki.
 
Pada awal laga, Rivan Nurmulki masih membaca permainan lawan. Bahkan sempat tertinggal 12-15. Kondisi tersebut berlanjut hingga Sri Lanka berhasil mengumpulkan 20 poin, sedangkan Indonesia 17.
 
Namun skuad Merah Putih tak patah semangat. Mereka terus berusaha mengejar ketertinggalan.

Dengan usaha yang tak sia-sia, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 21-21 setelah pukulan pemain Sri Lanka melebar ke luar lapangan.
 
Momen comeback Rivan Nurmulki dan kawan-kawan pun terjadi seusai smash lawan kembali ke luar lapangan. Indonesia berbalik unggul 22-21. Setelah itu, poin demi poin diraih Indonesia hingga akhirnya menutup set pertama dengan skor 25-21.
 
Kemenangannya tersebut menjadi angin segar bagi Merah Putih.

Baca juga: PBVSI targetkan tim voli putra ke final AVC Challenge Cup 2023

Meski demikian, memasuki set kedua, Farhan Halim kembali tertinggal lebih dulu 0-2.
 
Kondisi tersebut tak berlangsung lama karena strategi yang diterapkan pelatih Jeff Jiang Jie ampuh membalikkan keadaan menjadi 3-2.
 
Sri Lanka tak tinggal diam dan terus memberikan perlawanan. Dio Zulfikri terus mencoba memanfaatkan momentum dengan terus menambah poin.

Di atas kertas pada set kedua, Indonesia tampil dominan hingga memimpin 22-13 dan mengakhiri set kedua dengan 25-19.
 
Memasuki set ketiga, Sri Lanka tak lantas menyerah. Setelah tertinggal 0-2, mereka mencoba untuk mengejar. Permainan mereka pun lebih bervariasi hingga akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan 1-2 seusai pada set ketiga menang dengan skor 25-20.
   
Laga kembali ketat pada set 4 ketika Indonesia dan Sri Lanka saling jual beli serangan. Posisi Indonesia unggul sejak awal 5-4 dan berlanjut 11-8. Permanian apik terus ditunjukkan skuad Merah Putih hingga akhirnya menang 25-17.
 
Hasil itu membuat Indonesia berpeluang besar lolos ke babak selanjutnya. Farhan Halim dan kawan-kawan menyisakan satu laga di Pul F melawan Bahrain pada Senin (10/7).
 
Secara keseluruhan ada 17 negara yang tergabung di enam pul.
 
Pul A diisi oleh dua negara yakni tuan rumah Taiwan dan Kazakhstan. Pul B terdiri dari Arab Saudi, Thailand, dan Korea Selatan. Pul C, Uzbekistan, India, Hong Kong.

Sedangkan Pul D terdiri dari Mongolia, Filipina, Makau. Lalu Pul E diisi Australia, Pakistan, Vietnam.
 
Dari laga-laga di Taiwan itu nantinya akan dicari satu tim juara yang akan tampil di FIVB Challenge Cup for Men di Qatar akhir Juli mendatang. Kemudian dari hasil di Qatar, tim juara dan runner-up akan lolos ke Volleyball Nations League (VNL) 2024 menggantikan dua tim yang terkena degradasi tahun ini.
 
Bagi tim Indonesia, laga di Taiwan merupakan ajang uji coba menuju Asian Games XIX/2022 (2023) di Hangzhou, China pada 25 September - 8 Agustus.
 
Sesudah itu ada satu laga lagi yang akan menjadi ajang uji coba adalah Asian Men's Volleyball Champions 2023 di Iran, 19-26 Agustus.

Baca juga: Indonesia tempati posisi kedua AVC Challange usai dikalahkan Vietnam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023