Surabaya (ANTARA) - Persebaya bermain imbang melawan Persija Jakarta dengan skor 2-2 dalam "Anniversary Game" yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu sore.

Gol Persebaya dicetak oleh Johanis Kandaimu pada menit ke-14 dan Ze Valente menit ke-55. Sementara, gol penyama tim tamu dilesakkan oleh Riko Simanjutak menit ke-29 dan Aji Kusuma menit ke-71.

Pada babak pertama, Persija langsung menggebrak pertahanan Persebaya yang kemudian diladeni tuan rumah dengan memainkan umpan-umpan pendek yang dibangun dari belakang.

Dalam pertandingan yang disaksikan sekitar 40 ribu penonton itu,  beberapa kali pemain Persija menembakkan bola langsung ke arah gawang, tapi penjaga gawang Persebaya yang Andika Ramadhani berhasil mengatasinya.

Nustru Persebaya yang berhasil menjebol gawang Persija yang dijaga Andritany lewat sundulan dari Johanis Kandaimu pada menit ke-14. Skor berubah menjadi 1-0 untuk tuan rumah.

Persija mendapat kesempatan menyamakan skor melalui titik putih setelah terjadi tekel pemain belakang Persebaya kepada pemain klub berjuluk Macan Kemayoran tersebut. Namun, eksekusi Syahrian Abimanyu berhasil ditepis oleh Andika Ramadhani.

Persebaya sebenarnya berhasil menggandakan kemenangan, tapi posisi Paulo Victor dianggap offside terlebih dahulu oleh asisten wasit pada menit ke-21.

Selang tak beberapa lama, tepatnya menit ke-29, Persija berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan Riko Simanjutak yang berdiri bebas di kotak penalti untuk memanfaatkan umpan dari Firza Andika. Skor pun imbang 1-1.

Giliran Paulo Victor mendapat peluang emas hasil umpan dari Ze pada menit ke-41, tapi tendangannya melebar tipis ke sisi kanan gawang Persija.

Menjelang berakhirnya babak pertama, kedua tim menaikkan intensitas permainan. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda turun minum skor masih tetap imbang 1-1.

Babak kedua, Persebaya langsung meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya, pada menit ke-55, Ze Valente mencatatkan namanya di papan skor. Gol ini berawal dari umpan-umpan pendek yang menjadi ciri khas permainan Persebaya, dan pemain asal Portugal tersebut menggetarkan jala gawang Persija yang dijaga Andritany.

Skor sementara berubah menjadi 2-1 untuk tuan rumah Persebaya.

Persija berusaha membalas dengan  menggencarkan serangannya ke jantung pertahanan Persebaya. Di menit ke-71, Aji Kusuma, berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang, dan akhirnya mencetak gol. Skor berubah 2-2.

Sejak Persija menyamakan kedudukan, klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut terus berupaya menusuk pertahanan Persija. Namun, pertahanan anak asuh Thomas Doll tersebut masih kokoh.

Hingga wasit Erfan Efendi meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan skor tidak berubah, kedudukan sama 2-2.


Baca juga: Persebaya luncurkan tim dan perkenalkan pemain untuk musim 2023/2024
Baca juga: Ribuan suporter rayakan HUT ke-96 Persebaya di Stadion G10 Surabaya
Baca juga: Kekeluargaan tim jadi alasan Satria Tama kembali bela Madura United


Berikut susunan pemain kedua tim:

Persebaya Surabaya: Andika Ramadhani (PG), Nuri Fasya, Reva Adi, Riswan Lauhin, Johanis Kandaimu, Ze Valente, Alwi Slamat, Song Ui-young, Bruno Moreira, Sho Yamamoto, Paulo Victor.

Pelatih: Aji Santoso

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Firza Andika, Rio Fahmi, Maman Abdurahman, Hansamu Yama Pranata, Muhammad Ferari, Resky Fandy, Syahrian Abimanyu, Riko Simanjutak, Ryo Matsumura, Sandi Arta.

Pelatih: Thomas Doll


 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023