Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan jamaah calon haji (calhaj) kloter terakhir atau 94C yang sering disebut "sapu jagat" dijadwalkan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jawa Tengah, pada Kamis (22/6).

Calon haji kloter terakhir atau sapu jagat Embarkasi Solo dijadwalkan diterbangkan ke Arab Saudi, Kamis (22/6), pukul 16.00 WIB," kata Humas Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Senin.

Gentur menyampaikan jamaah calon haji kloter terakhir Embarkasi Solo kloter 99 atau 94C dengan jumlah kapasitas pesawat terbang ada 360 penumpang akan membawa calhaj asal Jateng dan DIY. Kloter terakhir Embarkasi Solo yang akan menampung calhaj yang saat ini, tertunda berangkat dengan kloternya karena kondisi kesehatan baik yang di embarkasi, pelayanan kesehatan maupun yang sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit.

"Kami berharap semua jamaah calhaj yang tertunda berangkat dengan kloter itu, dapat sehat kembali sehingga pada batas terakhir pemberangkatan ibadah haji Embarkasi Solo di kloter 94C itu, masuk kuota 2023 bisa diberangkatkan ke Tanah Suci seluruhnya," kata Gentur.

Jamaah calhaj Embarkasi Solo untuk kuota reguler sebanyak 33.524 orang dan kuota tambahan ada sebanyak 1.261 orang sehingga totalnya 34.785 orang. Jumlah calon haji yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci, hingga kloter 85 sebanyak 30.805 orang atau sekitar 88 persen.

Baca juga: PPIH: Jamaah haji Aceh meninggal dunia di Mekkah jadi empat orang

PPIH Embarkasi Solo saat ini, sedang memproses pemberangkatan calhaj kloter 85 asal Jepara di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan Boyolali. Calon haji ini, dengan mengenakan kain ihrom sejak di embarkasi. Sehingga, pada saat pesawat akan melewati Yalamlam oleh petugas akan menginformasikan kepada calhaj untuk niat umrah.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo, Senin ini, dijadwalkan memberangkatkan jamah calhaj sebanyak empat kloter yakni kloter 83 asal Kabupaten Jepara telah diterbangkan ke Tanah Suci, pada pukul 00.15 WIB, kemudian disusul kloter 84 Jepara pukul 06.10. Calhaj Jepara tergabung kloter 85 sedang proses pemberangkatan pada pukul 13.25 WIB dan Kloter 85B asal Jateng rencana pada pukul 18.00 WIB.

Selain itu, PPIH Embarkasi Solo juga kedatangan jamaah calhaj masuk ke asrama haji Donohudan sebanyak empat kloter, yakni kloter 86 asal Jepara dan Kudus, pada pukul 06.00 WIB, Kloter 87 asal Kudus, pada pukul 13.00 WIB, Kloter 88 Kudus, pukul 16.00 WIB dan Kloter 89 Kudus pukul 19.00 WIB. Sehingga, hingga kedatangan kloter 86 sudah sebanyak 31.499 orang.

Sedangkan, jamah calon haji Embarkasi Solo yang sakit dirawat di Arab Saudi ada 36 orang yang terdiri dari dirawat di Mekkah 35 orang dan di Madinah satu orang. Calhaj yang dirawat di rumah sakit Tanah Air ada enam orang terdiri dari RSU Dr. Moewardi tiga orang, RS TNI AU dua orang dan Poliklinik Embarkasi Solo satu orang. Calhaj meninggal di Arab Saudi ada 12 orang dan di Tanah Air satu orang, sehingga total 13 orang. ***3***

Baca juga: Mimpi dan harapan menuju Baitullah terwujud dari adonan kue
Baca juga: PPIH tidak memfasilitasi ibadah tarwiyah

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023