Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo di Provinsi Jawa Tengah telah memberangkatkan calon haji sebanyak 45 kelompok terbang yang merupakan kloter terakhir pada gelombang satu atau pertama ke Tanah Suci, Rabu.

Menurut Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi jamaah calon haji kloter 45 Embarkasi Solo asal Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta ini, telah diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pada pukul 11.05 WIB menuju Tanah Suci dengan sebanyak 360 orang atau full seat.

"Dengan diterbangkan calon haji kloter 45 ini, sehingga Embarkasi Solo sudah menerbangkan 45 kelompok terbang yang merupakan kloter terakhir pada gelombang pertama," kata Gentur.

Jumlah calon haji Embarkasi Solo masuk gelombang pertama yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 45 kloter tersebut dengan total 16.144 calon haji.

PPIH Embarkasi Solo, Rabu, mulai pukul 19.00 WIB, dijadwalkan memberangkatkan kloter 46 asal Kabupaten Sleman yang merupakan kloter pertama dari gelombang dua yang akan mendarat di Bandara Udara Jedah langsung menuju ke Mekah Arab Saudi.

Baca juga: Menko PMK ingatkan jamaah calon haji agar fokus kejar ibadah wajib

Calon haji 46 yang masuk gelombang kedua berdasarkan imbauan dari Direktur Bina Haji, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, kata dia, bahwa untuk gelombang kedua jamaah calon haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci diharapkan sejak dari embarkasi mengenakan kain ihram dan pada saat nanti di Yalamlam Mekah akan diinformasikan oleh crew pesawat untuk melaksanakan niat umrah.

"Kenapa diberikan imbauan ini, karena semua calon haji gelombang kedua akan mendarat di Jedah. Hal ini, untuk menghindari adanya penumpukan menggunakan ihram di bandara. Sehingga, calon haji sudah menggunakan kain ihram di embarkasi," katanya.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Solo Rabu ini, telah kedatangan jamaah calon haji dari DIY sebanyak dua kloter, yakni 47 asal Kabupaten Gunung Kidul pada pukul 06.00 WIB, dan nanti akan disusul 48 asal Bantul dengan pukul 19.00 WIB.

Jumlah jemaah calon haji hingga kedatangan kloter 47 Embarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan Boyolali sebanyak 360 orang dengan total sebanyak 16.908 orang dari seluruhnya tahun ini, dengan 33.524 orang yang terbagi 95 kloter.

Dia juga menyampaikan untuk jamaah calon haji sakit dan dirawat di Arab Saudi ada 18 orang dengan rincian dirawat di Mekah delapan orang dan di Madinah ada 10 orang. Calon haji Embarkasi Solo yang meninggal dunia di Tanah Suci ada enam orang.

Jamaah calon haji yang sakit dan dirujuk ke rumah sakit setiba di Embarkasi Solo, ada 10 orang terdiri dari di RSU Dr Moewardi Solo, ada empat orang, RS TNI AU ada lima orang dan RSUP Solo ada satu orang. Calon haji tertunda berangkat ada 18 orang karena kondisi kesehatannya. ***3***

Baca juga: JCH asal NTB mulai diterbangkan menuju Tanah Suci
Baca juga: BPKH pastikan dana haji aman dan dikelola secara syariah

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023