Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengatakan kunjungan kenegaraan Kaisar Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako ke Indonesia semakin memperkokoh pondasi persahabatan masyarakat Indonesia dan Jepang.

Hal itu disampaikan Presiden usai mendampingi Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melihat koleksi tanaman anggrek di Griya Anggrek, Istana Bogor, Jawa Barat, Senin.

"Kunjungan Sri Baginda Kaisar bersama Sri Baginda Permaisuri ke Indonesia semakin memperkokoh pondasi persahabatan di antara masyarakat kita. Pondasi kokoh seperti ini diperlukan bagi pengembangan kemitraan strategis dua negara kita ke depannya terutama di bidang ekonomi," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers di Griya Anggrek, Istana Bogor, Jawa Barat.

Presiden Jokowi merasa terhormat karena Indonesia menjadi negara tujuan pertama dari kunjungan kenegaraan bilateral Kaisar Naruhito bersama Permaisuri ke luar negeri.

Baca juga: Jokowi terima kunjungan kenegaraan kaisar dan permaisuri Jepang

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menilai persahabatan antara masyarakat Jepang dan Indonesia penting untuk terus disemai, terutama di tengah berbagai tantangan yang dialami dunia saat ini.

Kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako diharapkan membawa kesan yang baik bagi persahabatan Indonesia dan Jepang.

"Semoga kebahagiaan dan kemakmuran selalu menyertai Sri Baginda Kaisar dan Sri Baginda Permaisuri, keluarga kekaisaran dan masyarakat Jepang," kata Presiden.

Baca juga: Kaisar Jepang pilih Indonesia sebagai kunjungan perdana luar negeri

Kaisar Naruhito mengunjungi Indonesia atas undangan Presiden Indonesia Joko Widodo yang berkunjung ke Jepang pada Juli 2022.

Kunjungan Kaisar bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang, serta peringatan 50 tahun kerja sama antara Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang.

Kunjungan Kaisar Naruhito juga mengikuti jejak sang ayah dalam membangun hubungan baik dengan Indonesia.

Sang ayah, Kaisar Akihito, bersama Permaisuri Michiko berkunjung ke Indonesia pada 1991 dan diterima oleh Presiden Soeharto bersama Ibu Tien Soeharto.

Baca juga: Dubes RI: Kunjungan Naruhito simbol eratnya hubungan Indonesia-Jepang
Baca juga: Kaisar Jepang kunjungi MRT, Heru harap sinergi RI-Jepang semakin erat
Baca juga: Perkuat persahabatan, Kaisar Jepang Naruhito akan kunjungi Indonesia

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023