Jakarta (ANTARA) - Timnas Amerika Serikat meraih gelar Concacaf Nations League 2023 usai menekuk Timnas Kanada 2-0 pada partai final di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada, Senin pagi WIB.

Kemenangan Amerika Serikat hadir berkat gol yang dicetak oleh Chris Richards serta Folarin Balogun pada babak pertama, demikian catatan Concacaf.

Ini merupakan gelar kedua Concacaf Nations League Amerika Serikat setelah pada edisi 2021 usai mengalahkan Meksiko 3-2 di partai final. Sedangkan bagi Kanada, ini merupakan partai final pertamanya.

Pada pertandingan tersebut sebenarnya Kanada lebih rajin menguasai bola dengan mencatatkan 64 persen, sedangkan Amerika Serikat kerap memberikan ancaman dengan melepaskan 15 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

Amerika Serikat mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan memberikan ancaman melalui tendangan Walker Zimmerman namun masih menyamping dari gawang Kanada.

Kanada selanjutnya berbalik memberikan ancaman memanfaatkan skema serangan balik dan melalui tendangan Cyle Larin yang mengarah kepada kiper Amerika Serikat Matt Turner.

Baca juga: Amerika Serikat tuan rumah Copa Amerika 2024

Tim tuan rumah berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-12 usai sepak pojok Giovanni Reyna dapat ditanduk oleh Chris Richards yang membobol gawang Kanada sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Pada menit ke-34, Amerika Serikat berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah umpan terobosan Reyna dapat dimaksimalkan menjadi gol oleh Folarin Balogun.

Tertinggal dua gol, Kanada berusaha memperkecil ketertinggalan, salah satunya melalui tendangan Stephen Eustáquio namun masih dapat diamankan oleh Turner.

Tiga menit sebelum babak pertama selesai, Amerika Serikat kembali memberikan ancaman melalui tendangan Timothy Weah yang masih dapat ditepis kiper Kanada Milan Borjan.

Selanjutnya pada babak kedua, Kanada memiliki peluang terlebih dahulu melalui tendangan Alphonso Davies yang masih melambung di atas mistar gawang Amerika Serikat.

Amerika Serikat berbalik memberikan ancaman melalui upaya yang dilakukan oleh Balogun, namun masih dapat dihalau Borjan.

Kanada meningkatkan intensitas serangan mereka dan kembali memiliki peluang melalui tendangan Larin yang masih melambung di atas gawang Amerika Serikat.

Skuad asuhan John Herdman terus berusaha untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan, namun hingga pertandingan berakhir skor 2-0 untuk kemenangan Amerika Serikat tetap bertahan.

Baca juga: Kalahkan Kroasia lewat adu penalti, Spanyol juara UEFA Nations League
Baca juga: Hasil kualifikasi Euro 2024: Belgia bermain imbang 1-1 lawan Austria

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023