MIND ID memiliki peran penting untuk mendukung rencana besar pemerintah dalam hilirisasi dan transisi energi.
Jakarta (ANTARA) - Holding BUMN tambang, PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau entitas dari MIND ID, terus berkomitmen mendorong kinerja anak usaha tumbuh pesat, sehingga keempat anak usaha berhasil mencatatkan kinerja positif pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dari empat anggota yang mencatat kinerja positif, tiga di antaranya mengumumkan pembagian dividen atas tahun buku 2022.

“Pembagian dividen dengan nilai yang cukup fantastis berkat peningkatan kinerja setiap tahunnya. Hal ini juga didukung oleh induk ketiga emiten ini, MIND ID, yang menjadi holding strategis bagi seluruh anak usaha," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf dalam keterangan resmi, di Jakarta, Senin.

Menurut dia, MIND ID memiliki peran penting untuk mendukung rencana besar pemerintah dalam hilirisasi dan transisi energi. Kehadiran holding tambang ini juga meningkatkan efisiensi biaya dari sinergi yang dilakukan dari perusahaan-perusahaan tambang.

Melalui hilirisasi, nilai tambah masing-masing anak usaha bisa terdongkrak dan akhirnya berdampak positif pada kinerja. Peningkatan kinerja akan berpengaruh pada laba perusahaan, hingga akhirnya pada dividen dan setoran ke kas negara, selain dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Sejak MIND ID terbentuk, baik PT Antam Tbk (ANTM), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Timah Tbk (TINS), maupun PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM mampu mencatatkan kinerja positif dengan tren peningkatan setiap tahunnya.

Heri menuturkan kinerja anggota holding tambang ini hanya tertekan pada 2020 ketika pandemi melanda. Namun tahun berikutnya yakni pada 2021, kinerja keempat perusahaan ini tercatat melesat, begitu juga dengan tahun 2022.

“Bersama dalam Grup MIND ID, anggota holding BUMN tambang mampu menerapkan efisiensi operasional. Peningkatan sinergi dan kolaborasi antaranggota Perusahaan diyakini mampu mendongkrak optimalisasi kinerja setiap anggotanya,” katanya lagi.

ANTM membagikan dividen tunai sebesar Rp1,91 triliun, PTBA membagikan dividen Rp 12,6 triliun, dan TIN sebesar Rp312,44 miliar. Sementara INALUM pada tahun buku 2022 mencatatkan pendapatan bersih sebesar 57 persen, yang didukung oleh peningkatan harga komoditas.

MIND ID juga menggelar RUPS Luar Biasa pada Jumat (16/6), dengan agenda pergantian susunan Dewan Komisaris. RUPS tersebut mengesahkan pengangkatan Jisman Hutajulu sebagai Komisaris menggantikan Ridwan Djamaluddin.

Dengan pergantian tersebut kini susunan Dewan Komisaris dan Jajaran Direksi MIND ID menjadi Komisaris Utama Doni Monardo, Komisaris Nicolaus Teguh Budi Harjanto, Komisaris Jisman Hutajulu, Komisaris Astera Primanto Bhakti, serta Komisaris Independen Muhammad Munir.

Kemudian, Direktur Utama Hendi Prio Santoso, Wakil Direktur Utama Dany Amrul Ichdan, Direktur Pengembangan Usaha dan Portfolio Dilo Seno Widagdo, Direktur Keuangan Akhmad Fazri, Direktur Manajemen Risiko dan HSSE Nur Hidayat Udin.
Baca juga: RUPST ANTAM Tahun Buku 2022 rombak susunan direksi
Baca juga: MIND ID menanam ratusan pohon di aliran Sungai Cisadane

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023