Peningkatan kegiatan usaha diprakirakan terjadi pada beberapa lapangan usaha utama....
Jambi (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi optimistis kegiatan dunia usaha di daerah ini mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya kinerja lapangan usaha utama di daerah.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jambi Hermanto, di Jambi, Senin, mengatakan berdasarkan survei kegiatan dunia usaha (SKDU) di Jambi pada triwulan Il 2023, responden memprakirakan kegiatan usaha akan meningkat dengan Saldo Bersih Tertimbang ( SBT ) sebesar 16,42 persen.

Peningkatan kegiatan usaha diprakirakan terjadi pada beberapa lapangan usaha utama, yaitu lapangan usaha pertanian seiring masih berlanjutnya panen raya dan lapangan usaha pertambangan didukung oleh ketersediaan sarana produksi.

Selain itu, kinerja lapangan usaha industri pengolahan juga meningkat sejalan dengan kenaikan permintaan didukung oleh ketersediaan sarana produksi dan kapasitas penyimpanan, sementara kinerja lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, lapangan usaha transportasi dan pergudangan, serta lapangan usaha penyediaan akomodasi dan makan minum meningkat seiring dengan permintaan dalam negeri yang meningkat pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1444 H.

Sementara itu berdasarkan SKDU triwulan 1 tahun 2023 mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha mengalami peningkatan.

Hal itu tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 11,36 persen, lebih tinggi dari SBT pada triwulan IV 2022 sebesar -9,55 persen.

Peningkatan kinerja kegiatan usaha terindikasi pada lapangan usaha pertanian, kehutanan dan perikanan seiring dengan pola historis musim panen, serta lapangan usaha industri pengolahan sejalan dengan peningkatan aktivitas industri, ketersediaan sarana produksi dan kapasitas penyimpanan yang mendukung.

Dari sisi kinerja lapangan usaha jasa keuangan, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan motor, penyediaan akomodasi dan makan minum, serta pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang, serta transportasi dan pergudangan juga meningkat sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat.
Baca juga: BPS Jambi: Perlu optimalisasi industri mendongkrak pertumbuhan ekonomi
Baca juga: Gubernur Jambi mengajak BI bersinergi bangun perekonomian daerah

Pewarta: Tuyani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023