Jakarta (ANTARA) -
Infertilitas dapat menjadi perjalanan yang menantang bagi banyak orang yang ingin hamil. Di samping perawatan medis, menggabungkan pose Yoga ke dalam pendekatan holistik dapat meningkatkan potensi kesuburan dan telah terbukti manfaatnya.
 
Yoga dapat mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan fleksibilitas yang dapat membantu orang yang berjuang dengan kemandulan.
 
Hindustan Times pada Senin melaporkan bahwa terapis Okupasi Perkembangan dan Terapis Neonatal Bersertifikat di Rumah Sakit Apollo Cradle dan Anak di Bangalore's Marathahali, Dr Geetika Sood mengungkapkan stres merusak kesuburan dan mengganggu ovulasi dan kualitas sel telur.
 
"Yoga juga membantu meningkatkan sirkulasi dengan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul yang penting untuk organ reproduksi yang sehat dan pada gilirannya meningkatkan kesuburan. Yoga juga membantu mengatasi efek samping obat kesuburan, seperti mual dan kelelahan," ucapnya.
 
Chief Wellness Officer di Kshemavana Dr Narendra Shetty mengklaim memasukkan pose Yoga tertentu ke dalam perjalanan kesuburan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan reproduksi.

Baca juga: Dokter sebut olahraga bermanfaat bagi kesehatan jiwa

Baca juga: Daftar olahraga yang cocok untuk lansia
 
Berikut beberapa pose yoga yang baik untuk reproduksi.
 
1. Pose seperti kupu-kupu
 
Pose kupu-kupu, juga dikenal sebagai Baddha Konasana, adalah pose lembut namun kuat yang menargetkan organ reproduksi dan merangsang aliran darah di daerah panggul.
 
Untuk melakukannya, duduklah di lantai, tekuk lutut, dan satukan kedua telapak kaki, biarkan lutut jatuh ke luar. Pegang kaki Anda dan kepakkan kaki Anda dengan lembut seperti sayap kupu-kupu.
 
Pose ini membantu membuka pinggul, meregangkan paha bagian dalam, serta merangsang ovarium dan kelenjar prostat. Latihan teratur dapat meningkatkan sirkulasi di daerah panggul, menyeimbangkan hormon, dan meningkatkan kesuburan.
 
2. Pose teratai
 
Pose Teratai, atau Padmasana, adalah pose duduk yang dikenal memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Untuk melatihnya, duduklah di lantai, silangkan kaki dan letakkan masing-masing kaki di paha yang berlawanan.
 
Pose ini membantu mengurangi stres, menyeimbangkan sistem endokrin, dan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah panggul. Gunakan alat peraga seperti bantal atau balok untuk memberikan dukungan jika diperlukan untuk mempermudah gerakan.
 
3. Pose unta
 
Pose unta yang memberi energi atau Ustrasana adalah gerakan membungkuk yang menyegarkan yang meregangkan seluruh tubuh bagian depan, termasuk daerah perut.
 
Untuk melakukannya dengan aman, berlututlah di lantai, letakkan tangan di punggung bawah sebagai penopang dan lengkungkan punggung dengan lembut sambil mendorong pinggul ke depan.
 
Pose ini membantu merangsang organ reproduksi, meningkatkan aliran darah ke area panggul dan melepaskan ketegangan di punggung dan bahu. Latihan Camel Pose secara teratur dapat meningkatkan fleksibilitas, mengurangi stres, dan meningkatkan keseimbangan hormon, sehingga meningkatkan kesuburan.
 
Ingatlah untuk mendekati pose ini dengan hati-hati, mendengarkan tubuh dan memodifikasinya sesuai kebutuhan, untuk melatihnya dengan aman dan efektif. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum memulai rutinitas olahraga baru, terutama jika Anda memiliki masalah medis tertentu.

Baca juga: Sambut peringatan Hari Yoga Internasional di Sri Lanka

Baca juga: Yoga bermanfaat bantu relaksasi pikiran bagi ibu hamil

Baca juga: Yoga dapat membuat pria tiga kali lebih tahan lama di ranjang

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023