Jakarta (ANTARA) -
Mengonsumsi makanan yang memberi energi sebelum melakukan latihan yoga dapat memaksimalkan gerakan dan memperoleh manfaat olahraga yang optimal bagi tubuh. 
 
Dikutip laman Hindustan Times, Kamis, Dr. Rohini Patil, MBBS & Ahli Gizi Pendiri Nutracy Lifestyle mengatakan memilih makanan yang tepat sebelum dan sesudah sesi yoga dapat berdampak signifikan pada tingkat energi, fokus, dan pemulihan Anda.
 
Dr. Patil merekomendasikan sebelum memulai sesi yoga, pastikan konsumsi cairan yang cukup terutama yang tinggi elektrolit seperti air kelapa.

Baca juga: Ketahui hal penting saat melakukan olahraga yoga
 
Jika latihannya lebih dari satu jam, pilihlah camilan yang mudah dicerna sekitar 30-60 menit sebelum latihan. Sebuah pisang atau semangkuk kecil buah beri dapat memberikan keseimbangan sempurna energi yang dibutuhkan tubuh.
 
Hindari makanan berat, berminyak, atau terlalu pedas. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan selama pose tertentu dan dapat menghambat kemampuan Anda untuk terlibat sepenuhnya dalam latihan.
 
Sementara, makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah yoga menurut Patil adalah rehidrasi dengan air dan pertimbangkan untuk mengisi kembali elektrolit dengan jus lemon yang menyegarkan dengan garam batu atau air kelapa. Ini membantu mengembalikan keseimbangan mineral yang hilang melalui keringat.

Baca juga: Dokter sebut olahraga bermanfaat bagi kesehatan jiwa
 
Usahakan makan dalam waktu 30-60 menit setelah sesi yoga untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dan membantu pemulihan.
 
Sertakan sumber protein dalam makanan pasca-yoga Anda untuk mendukung pemulihan otot pasca yoga. Pilihan seperti smoothie dengan bubuk protein atau salad quinoa dengan sayuran dan tahu, atau hidangan ayam atau ikan tanpa lemak adalah pilihan yang sangat baik.
 
Konsumsi gabungan lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ghee, atau minyak zaitun dalam makanan pasca-yoga Anda. Lemak ini memberikan energi berkelanjutan dan membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.

Baca juga: Pilihan olahraga mudah di rumah: Menari, yoga sampai HIIT
 
Sertakan juga buah-buahan dan sayuran berwarna yang kaya antioksidan untuk melawan peradangan dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Buah beri, sayuran berdaun hijau, dan buah jeruk adalah pilihan yang bagus.
 
Mengisi tubuh Anda dengan penuh kesadaran sebelum dan sesudah sesi yoga merupakan bagian integral untuk meningkatkan latihan Anda dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca juga: TWC: Sunset Yoga Berkebaya padukan pelestarian budaya dan olahraga

Baca juga: ATLAS Beach Fest ajak yoga tertawa

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024