Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mendampingi Presiden Joko Widodo menyaksikan pertandingan FIFA Match Day antara Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

Dalam pertandingan tersebut, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong menelan kekalahan 0-2, setelah gol yang dibukukan Leandro Paredes pada menit ke-38 dan Cristian Romero pada menit ke-56, membobol gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari.

Kendati kalah, Menpora Dito menilai bahwa permainan timnas tidak buruk dan meyakini bahwa para pemain akan dapat memetik pelajaran berharga dari pertandingan ini.

"Alhamdulillah kita telah menyaksikan pertandingan Indonesia melawan Argentina. Saya rasa ini pengalaman yang sangat berharga untuk timnas kita," kata Menpora Dito seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Baca juga: Jokowi nilai Indonesia bisa imbangi Argentina meski kebobolan dua gol

Ia juga mengapresiasi kokohnya lini pertahanan Indonesia, yang mampu menahan gempuran bertubi-tubi dari lawan yang di atas kertas memiliki peringkat FIFA jauh di atas timnas Indonesia.

"Saya rasa ini lonjakan langkah yang luar biasa karena kita langsung melawan tim nomor satu dunia. Ini berarti melatih mental dan pengalaman. Karena timnas kita bisa melihat bagaimana caranya tim papan atas ini bertahan dan menyerang, jadi ini sangat baik untuk menambah pengalaman timnas kita," papar menteri termuda pada kabinet Presiden Jokowi itu.

Menpora Dito menambahkan bahwa Presiden Jokowi juga cukup puas dengan penampilan yang diperlihatkan para pemain, yang tidak gentar dengan nama besar kubu Argentina.

"Tadi Bapak Presiden Joko Widodo juga sangat senang dan bangga dengan perjuangan timnas kita, meski kalah tapi mereka telah berusaha dan berjuang keras," katanya.

Pertandingan timnas Indonesia melawan Argentina merupakan salah satu ajang olahraga akbar yang dihelat di Indonesia pada 2023. Sebelumnya pada tahun ini, Indonesia telah menjadi tuan rumah untuk ajang balap sepeda motor World Superbike (Nusa Tenggara Barat), Formula E (DKI Jakarta), dan F1 Powerboat Lake Toba (Sumatera Utara) .

Baca juga: Erick Thohir: Dunia bisa lihat sepak bola Indonesia bangun dari tidur
Baca juga: Indonesia kalah 0-2 dari juara dunia Argentina

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023