kita ingin memberi pengalaman yang beda, konsepnya edukasi
Jakarta (ANTARA) - PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta menghadirkan simulator kereta ringan (train simulator) di arena Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair) 2023 untuk memberikan edukasi dan pengalaman unik menjadi masinis LRT Jakarta.
 
"Ini gratis, yang pasti kita ingin memberi pengalaman yang beda, konsepnya edukasi . Jadi kita memberikan pengetahuan dan pengalaman buat pengunjung. Terus di samping itu juga kita ingin memperlihatkan dan kasih unjuk ke pengunjung bahwasanya seperti ini masinis bekerja," kata Corporate Secretary PT LRT Jakarta, Sheila Indira Maharshi saat ditemui di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa.
 
PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta berada di stan Anjungan Pemprov DKI Jakarta yang berisikan pameran dari sejumlah dinas dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mulai 14 Juni sampai 16 Juli 2023 bertempat Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Sheila menyebut, LRT Jakarta memiliki enam unit simulator kereta. Namun, yang disediakan di PRJ hanya satu unit karena harus membagi jadwal pelatihan dan pendidikan dengan masinis LRT DKI yang juga menggunakan fasilitas tersebut.
 
Bagi Pengunjung Jakarta Fair 2023 yang ingin mencoba simulator membutuhkan waktu sepuluh menit untuk menunggu.
 
Adapun syarat bagi pengunjung PRJ yang ingin mencoba menjadi masinis melalui simulator tersebut harus berusia 17 tahun dan memiliki tinggi badan minimal 165 sentimeter.
 
"Karena ini alatnya cukup kompleks, jadi setiap pengunjung yang mencoba simulator kereta  harus didampingi  pelaksana perkeretaapian atau masinis kita. Dan yang di sini masinis beneran, bukan hanya pakai baju masinis doang," ujar Sheila.

Pengunjung mencoba simulator kereta (train simulator) yang disediakan PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)

Lebih lanjut, Sheila menyebut tinggi jadi menjadi syarat utama agar pengunjung bisa merasakan percobaan secara optimal sesuai jarak dan tinggi yang sesuai ketika berada di dalam kabin masinis.
 
"Total pengunjung yang mencoba perangkat ini sampai hari keenam (19 Juni) kemarin berkisar seratus pengunjung. Kenaikan pengunjung terjadi di weekend (hari libur) terutama puncaknya di hari Minggu," ucap Sheila.
 
Pengunjung PRJ yang ingin mencoba simulator kereta dapat langsung mendaftarkan diri di gerai LRT Jakarta sesuai jam buka stan dan menunggu waktu giliran.
 
Simulator kereta ini dibuka pukul 15.30-21.30 WIB untuk hari biasa. Sedangkan untuk akhir pekan dimulai pukul 10.00-22.00 WIB.
 
Untuk hari bisa, pengoperasian  dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama mulai pukul 15.30-17.30 WIB, sesi kedua pukul 18.00-20.00 WIB dan sesi ketiga pukul 20.30-21.30 WIB.
 
Pengoperasian simulator kereta pada akhir pekan dibagi menjadi lima sesi. Sesi pertama pukul 10.00-12.00 WIB, sesi kedua pukul 12.30-14.30 WIB, sesi ketiga pukul 15.00-17.00 WIB. Sedangkan sesi keempat pukul 17.30-19.30 WIB dan sesi kelima mulai pukul 20.00-22.00 WIB.
Baca juga: LRT rutin periksa sarana dan prasarana agar warga tetap nyaman
Baca juga: Luhut ajak DPR ikut uji coba KCJB pertengahan Juni inI
Baca juga: Pembangunan Stasiun LRT Fase B1dimulai Juli

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023