salah satu suvenir yang dijajakan berupa boneka beruang dengan baju astronot dibuat di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia.
Orlando, AS (ANTARA) - Saat memikirkan topik tentang penjelajahan luar angkasa, Anda pasti pernah memikirkan NASA.

Hal itu tidak mengherankan mengingat Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memang ikonik. Melalui wahana yang diciptakan, NASA sering menjelajahi luar angkasa yang bikin takjub dunia.

Beberapa misi yang dikenal di antaranya Apollo 11, lalu ada juga Gemini, hingga yang terbaru ialah program Artemis.

Menariknya, sebagai masyarakat awam ternyata bisa menjajal pengalaman seolah-olah menjadi penjelajah luar angkasa di fasilitas yang disediakan oleh NASA yaitu dengan mengunjungi Kennedy Space Center Visitor Complex.

Wartawan ANTARA mendapatkan kesempatan menjajal pengalaman sedikit lebih dekat dengan pekerjaan NASA tersebut di Kennedy Space Center Visitor Complex yang terletak di Tanjung Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat.

Pada saat menjejakkan kaki ke dalam fasilitas tersebut, Anda akan disapa dengan taman khusus berisikan roket-roket yang pernah meluncur di misi-misi NASA.
 
Roket-roket yang disusun untuk menyapa pengunjung di "Rocket Garden" yang menjadi bagian dari Kennedy Space Center Visitor Complex di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Minggu (18/6/2023). ANTARA/Livia Kristianti



Dinamakan sebagai "Rocket Garden", Anda bisa mengabadikan momen hingga mempelajari fakta-fakta menarik dari roket-roket yang dipamerkan.

Beberapa nama roket yang dipasang di taman tersebut di antaranya Roket Delta, Delta II, Juno, Juno II, Mercury-Redstone, Mercury-Atlas, Atlas-Agena, Saturn 1B, hingga Gemini-Titan II.

Anda bisa banyak mengabadikan momen di taman roket ini karena selain mengandung banyak sejarah, roket-roket itu juga ditata secara estetik dan berhak menyabet gelar lokasi "instagramable".

Tak jauh dari atraksi yang membuat takjub pengunjung di pandangan pertama, ada juga atraksi bernama "Heroes and Legend".
 
Ukiran tujuh astronot pertama dari NASA yang tergabung dalam Mercury Tujuh menjadi penyambut untuk masuk ke dalam atraksi "Heroes and Legend" yang menjadi bagian dari Kennedy Space Center Visitor Complex di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Minggu (18/6/2023). ANTARA/Livia Kristianti


Anda bisa berfoto dengan gambar besar dari kelompok Mercury 7 yang terdiri atas tujuh anggota astronot pertama pilihan NASA dan mereka digabungkan dalam proyek bernama Mercury.

Di dalam ruang khusus "Heroes and Legend", Anda bisa melihat cuplikan video langsung dari para astronot NASA yang menjalankan misi.

Ada juga beberapa memorabilia dari para astronot saat bertugas seperti tulisan tangan, baju yang dikenakan, bahkan catatan masuk kerja para astronot tersebut.

Di titik atraksi ini, pengunjung bisa mendalami sudut pandang profesi astronot saat menjadi penjelajah ruang angkasa dengan lebih baik lagi.

Keseruan dari penjelajahan luar angkasa lainnya bisa didapatkan di atraksi terbaru Kennedy Space Center bernama "Gateway".

Beragam visual menarik baik yang diciptakan oleh teknologi hingga bagian dari wahana antariksa dipamerkan di "Gateway".

Di dalam "Gateway", pengunjung diajak berdecak kagum pada upaya dan pengembangan teknologi dari masa ke masa untuk bisa melakukan perjalanan ke luar Bumi.

Beragam tiruan produk untuk misi penjelajahan dan bukti sejarah wahana ruang angkasa dijajakan di tempat ini.

Ada beberapa wahana ruang angkasa yang pernah beroperasi dan dipamerkan di "Gateway", antara lain, kapsul Orion EFT-1 serta kapsul SpaceX Cargo Dragon COTS-2.

Tak tertinggal ada juga penampilan yang menyita perhatian di atas "Gateway" berupa pakaian astronot, pesawat luar angkasa Siera Space Dream Chaser, kapsul Starliner CST100 dari Boeing, hingga peluncur tahap pertama dari Roket Falcon 9 milik SpaceX.
 
Tampilan dari replika kapsul STARLINER CST100 dari Boeing di dalam atraksi "Gateway" yang menjadi bagian dari Kennedy Space Center Visitor Complex di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Minggu (18/6/2023). ANTARA/Livia Kristianti


Apabila merasa kurang hanya dengan melihat-melihat bagian dan komponen pesawat ruang angkasa, pengunjung juga bisa menjajal perjalanan "luar angkasa" yang diberikan oleh Spaceport KSC.

Empat perjalanan luar angkasa disuguhkan oleh Spaceport KSC yaitu "Red Planet", misi untuk menjajal Mars, "Daring Explorers" untuk mengenal Jupiter dan Saturnus lebih dekat, "Cosmic Wonders" untuk melihat keindahan pemandangan kosmis yang terkenal seperti Nebula, serta menjelajah mengikuti perjalanan luar angkasa sepanjang 40 tahun cahaya lewat "Uncharted World".
 
Tampilan diorama roket Artemis, replika tempat tinggal astronot di stasiun luar angkasa, serta baju astronot yang ditampilkan dalam "Gateway" sebagai bagian dari Kennedy Space Center Visitor Complex di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Minggu (18/6/2023). ANTARA/Livia Kristianti


Apabila sudah puas bermain-main di Gateaway, Anda bisa menuju ke area belakang, ada atraksi lain bernama "Journey to Mars".

Bagi Anda yang tertarik dengan penjelajahan di Planet Merah, destinasi ini tepat untuk didatangi.

Karena secara khusus NASA mendedikasikan atraksi ini agar pengunjung bisa melihat perjalanan dan langkah NASA dalam mengulik Planet Mars.

Pengunjung bisa menjajal permainan dan simulator interaktif. Jangan lupa pula untuk menengok keluarga kendaraan penjelajah Mars yaitu Rover Family.

Mereka terdiri atas Sojourner Rover si penjelajah perintis, lalu ada Spirit and Opporutunity Rovers yang berhasil memecahkan teka-teki 'adakah air di Mars?', Curiosity Rover yang saat ini masih bertugas, hingga Perseverance Rover sebagai penjelajah generasi terbaru.

Di samping itu, masih ada beberapa atraksi lainnya seperti Apollo and Saturn V Center yang mengajak pengunjung untuk mengenal perjalanan dan penjelajahan ke Bulan.

Lalu ada juga Space Shuttle Atlantis, wahana yang mengajak pengunjung untuk merasakan bagaimana sensasi berada di dalam pesawat ulang alik seolah menjadi astronot.

Tak ketinggalan IMAX Theater yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menonton tayangan memikat terkait antariksa hingga Planet Play sebagai wahana yang cocok untuk arena bermain anak-anak dengan tema luar angkasa yang futuristik.

Untuk menutup perjalanan seolah menjadi penjelajah ruang angkasa itu, Anda bisa membeli buah tangan berupa suvenir khas NASA yang tersedia di NASA Central.

Mulai dari oleh-oleh pakaian, aksesoris, hingga boneka tersedia di toko tersebut.

Uniknya, saat wartawan ANTARA berkunjung, salah satu suvenir yang dijajakan berupa boneka beruang dengan baju astronot dibuat di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia.

Kennedy Space Center Visitor Complex buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 waktu setempat.

Untuk biaya masuknya, pengunjung bisa membeli tiket satu 1 atau 2 hari.

Bagi yang membeli tiket 1 hari, pengunjung dewasa wajib membayar sebesar 75 dolar AS (Rp1,1 juta) dan anak-anak sebesar 65 dolar AS (Rp978 ribu).

Adapun untuk pembelian tiket 2 hari harga yang ditawarkan lebih rendah seharga 89 dolar AS (Rp1,4 juta) untuk pengunjung dewasa dan 79 dolar AS (Rp1,2 juta) untuk pengunjung anak-anak.



Editor: Achmad Zaenal M
 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2023