Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi VI DPR RI Putu Supadma Rudana menyatakan dirinya merasa bangga melihat permainan tim nasional Indonesia saat meladeni Argentina, pada pertandingan FIFA Match Day yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.
 
Pada pertandingan tersebut, tim Garuda harus mengakui keunggulan tim juara Piala Dunia 2022 yang mengantungi kemenangan 2-0. Kedua gol tersebut dibukukan oleh dua pemain Argentina yang merumput di Eropa, yakni Leandro Paredes (Juventus) dan Cristian Romero (Tottenham Hotspur).
 
"Saya pikir mereka (timnas Indonesia) cukup gigih bertanding malam ini. Cukup kuat untuk pertahanan. Memang dari teknik, tim Argentina sangat maksimal membagi bola dan akhirnya keberuntungan ada di pihak mereka," kata Putu dalam keterangan tertulis yang diterima pewarta.
 
Salah satu pemain yang mencuri perhatian Putu adalah Pratama Arhan. Bek kanan Tokyo Verdy itu tampil sebagai pemain pengganti pada babak kedua, dan beberapa kali merepotkan pertahanan Argentina melalui kemampuan khususnya, yakni lemparan yang jauh.
 
"Ada Arhan yang cukup unik, pemain ini selalu melempar dari sisi luar menuju kotak penalti. Memang beberapa kali (Emiliano) Martinez kiper Argentina kewalahan dari lemparan Arhan," tutur pria asal Bali itu.
 
Indonesia tercatat memiliki dua peluang bagus untuk membobol gawang Argentina, yakni saat Rafael Struick kehilangan bola di dalam kotak penalti serta ketika sepakan Ivar Jenner dapat digagalkan kiper Martinez. Martinez juga sempat mendapat ancaman saat Elkan Baggott mampu menyundul bola lemparan Arhan.
 
"Saya tadi berharap satu gol dari Indonesia, tapi memang Martinez ini tampil baik hari ini," ujarnya.
 
Kredit khusus diberikan oleh Putu kepada para penonton, yang dinilainya mampu memberi dukungan maksimal kepada para pemain timnas yang berlaga. Pertandingan tersebut memang berlangsung menarik, meski ada satu insiden seorang penonton menerobos masuk ke dalam lapangan untuk menemui para pemain.
 
"Saya juga lihat para pendukung kita luar biasa. Selama dua kali 45 menit para pendukung kita pantang menyerah untuk mendukung Indonesia habis-habisan. Tentu kita berharap ke depan timnas lebih gigih lagi berjuang, dan suatu saat nanti saya yakin kita bisa masuk ke Piala Dunia," pungkasnya.

Baca juga: Jokowi akui takut Timnas kebobolan banyak lawan Argentina
Baca juga: Menimbang manfaat pertandingan melawan Argentina bagi Indonesia
Baca juga: PSSI terapkan standar pelayanan tinggi untuk timnas Argentina

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023