Masyarakat harus dibekali ilmu dan wawasan pengetahuan bagaimana memilih hewan kurban
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar bimbingan teknis (bimtek) penanganan hewan dan daging kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada Selasa.

Kegiatan melibatkan 70 orang dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dari sepuluh wilayah kecamatan di Jakarta Timur serta petugas dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Timur.

Bimtek yang diinisiasi Sudin KPKP itu dibuka langsung Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur, Kusmanto.

"Saya menyambut baik bimtek ini. Masyarakat harus dibekali ilmu dan wawasan pengetahuan bagaimana memilih hewan kurban, bagaimana memperlakukan hewan kurban dengan benar, serta bagaimana menangani hewan kurban setelah disembelih hingga dagingnya dibagikan," kata Kusmanto.

Dia berharap peserta bimtek dapat mengikuti dengan baik, sehingga nantinya dapat  mengedukasi masyarakat agar pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Jakarta Timur berlangsung dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Bimtek itu juga membahas penyembelihan hewan kurban berdasarkan prinsip kesejahteraan hewan (kesrawan) dan syariat Islam. Sekaligus juga penanganan daging hewan kurban dengan semboyan ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal).

Bimtek itu juga membahas tentang hukum dan panduan penyelenggaraan kurban pada situasi penyebaran penyakit kulit berbenjol.

Kepala Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Timur Ali Nurdin, mengatakan, tujuan bimtek untuk memberikan wawasan dan keterampilan bagi petugas.

Khususnya, dalam penanganan pemotongan hewan dalam melindungi masyarakat melalui penyediaan daging kurban yang sehat dan aman dikonsumsi.

"Kami juga telah melakukan pengawasan bagi penampungan hewan kurban mengenai kesehatan dimulai dari administrasi asal hewan yang didatangkan," kata Ali.

Sementara itu, Ketua DKM Asmaul Husna Kelurahan Pondok Kelapa Muhadis mengaku senang dapat mengikuti kegiatan bimtek.

"Kegiatan ini dapat menambah ilmu, khususnya masalah kesehatan dan kualitas daging kurban yang akan didistribusikan kepada warga," ujarnya.

Dia pun akan menularkan ilmunya dari hasil bimtek kepada jamaah di Masjid Asmaul Husna, Pondok Kelapa.
Baca juga: Dinas KPKP DKI memastikan seluruh hewan kurban aman untuk dikonsumsi
Baca juga: Legislator pertanyakan data DKI terkait tidak ada ternak berpenyakit
Baca juga: Penjual sediakan salon untuk hias sapi kurban

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023