Sebanyak 80 orang calhaj tambahan ini akan diberangkatkan pada 23 Juni 2023
Pangkalpinang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memberangkatkan sebanyak 80  jamaah calon haji (calhaj) tambahan untuk menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Sebanyak 80 orang calhaj tambahan ini akan diberangkatkan pada 23 Juni 2023," kata Kepala Kanwil Kemenag Babel Tumiran di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada musim haji 2023 mendapatkan kuota tambahan 83 orang dan tiga calhaj sudah diberangkatkan bersama calhaj lainnya yang tergabung pada kloter 10, sehingga sisanya tinggal 80 yang akan diberangkatkan pada 23 Juni mendatang.

"Angka tambahan 83 ini muncul pada H-7 yakni seminggu yang lalu, karena ada beberapa provinsi yang tidak dapat memenuhi kuota, sehingga Kakanwil diminta mengusulkan yang pada akhirnya kita mendapat tambahan 83 jamaah haji," katanya.

Ia menyampaikan dengan demikian majunya 83 orang itu sudah memangkas waktu tunggu sekitar 1 tahun untuk jamaah di bawahnya.

"Kami akan terus bekerja, berkoordinasi dengan embarkasi Palembang, hingga stakeholder lainnya untuk memastikan kelancaran ibadah haji para jamaah calon haji kuota tambahan," katanya.

Sementara itu berdasarkan data Kemenang Babel 80 calon JCH kuota tambahan dengan rincian Pangkalpinang 24 jemaah, Bangka 7 jemaah, Bangka Tengah 32 jemaah, Bangka Barat 9 jamaah, Bangka Selatan 8 jamaah.

Ia menambahkan untuk prosedur penyelesaian administrasi dan lainnya tidak berbeda dengan kloter sebelumnya yakni 8,9, dan 10.

"Artinya pada 22 Juni calon jemaah haji masuk ke asrama haji, diberi kelengkapan administrasi termasuk gelang, living coast, pembinaan2 dan lain sebagainya, lalu paginya berangkat," demikian Tumiran.

Baca juga: 355 calon haji dari Babel diberangkatkan ke Arab Saudi

Baca juga: Babel dapat kuota tambahan 39 calon haji 2023

Baca juga: Tunaikan ibadah haji, ASN Belitung-Babel ambil cuti besar

Baca juga: Jamaah calon haji Bangka rombongan tiga dilepas menuju asrama haji

Pewarta: Aprionis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023