Pangkalpinang (ANTARA) - Sebanyak 355 calon haji kelompok terbang terakhir dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa, diberangkatkan menuju Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan, untuk selanjutnya melakukan penerbangan menuju Arab Saudi.

Pelepasan jamaah calon haji kelompok terbang terakhir dari Babel tersebut oleh Pelaksana Tugas Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Babel Dwi Setyo Budi Utomo di Pangkalpinang, Selasa.

"Hari ini kita melepas keberangkatan 355 calon haji ke Embarkasi Palembang untuk kemudian diberangkatkan ke Arab Saudi bersama calon jamaah lainnya asal Palembang," kata Dwi Setyo.

Ia mengatakan Pemprov Babel pada tahun ini juga memfasilitasi kebutuhan jamaah pada pemberangkatan ke Tanah Suci, baik akomodasi logistik kargo dan makan minum, keberangkatan hingga proses pemulangan jamaah ke Tanah Air.

Ia berharap, jamaah meluruskan niat bahwa haji hanya untuk Allah, membersihkan hati, menjauhkan perkataan yang sia-sia, mengamalkan ilmu-ilmu yang dipelajari selama manasik dan melaksanakan ibadah haji dengan tenang, sabar, dan tawaduk.

"Jagalah pandangan dan pantangan selama beribadah haji. Semoga haji yang dilaksanakan diterima oleh Allah," ujarnya.

Baca juga: Pindah domisili, 10 calon haji Kota Ambon melakukan mutasi

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Babel Ridwan Yuniarto mengatakan tahun ini calon haji asal Babel yang berangkat ke Tanah Suci 1.054 orang terbagi menjadi tiga kelompok terbang.

Kelompok tebang terakhir dengan jumlah 355 orang, terdiri atas 263 orang dari Kabupaten Bangka, 86 orang dari Kota Pangkalpinang, dua orang dari Bangka Tengah. Selain itu, kelompok bimbingan haji dan umrah satu orang serta petugas haji daerah tiga orang.

Dalam rombongan itu juga terdapat 53 calon haji kelompok lanjut usia yang diberangkatkan lebih cepat dari urutan kursi atau jadwal mereka. Hal ini sesuai dengan amanat Kemenag RI terkait dengan kebijakan pemberangkatan calon haji kelompok lanjut usia.

Jamaah calon haji kloter 3 dari Babel dipandu dan dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Babel Naziarto yang turut ke Tanah Suci mewakili tim petugas haji daerah Babel.

Sekda Babel Naziarto mengaku berangkat haji dibiayai Pemprov Babel. Ia berangkat ke Tanah Suci sebagai petugas haji daerah bersama delapan petugas lain yang telah dibagi tugas masing-masing di setiap kloter.

Selama menjalankan ibadah haji sekaligus menjadi pendamping jamaah, Naziarto meminta Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda Pemprov Babel Sunardi menjalankan tugas dengan cermat sebagai Pelaksana Harian Sekda Babel.

"Semua pekerjaan saya selaku sekda sampai tadi malam sudah saya selesaikan dan semua berkas yang ada sudah saya tandatangani. Saya minta tolong kepada Pak Sunardi agar bekerja dengan cermat dan hati-hati karena untuk administratif bukanlah hal yang gampang dan harus teliti, harus jeli serta harus bisa melihat legalitas dari setiap tata persuratan tersebut jangan sampai salah kaprah, sehingga kita bisa melaksanakan tugas dengan benar dan baik," katanya.

Baca juga: 393 calon haji Kloter 1 Embarkasi Lombok mulai masuk asrama haji
Baca juga: Wagub imbau jamaah calon haji asal Sulteng jaga kebersamaan
Baca juga: PPIH beri pendampingan ibadah bagi jamaah yang sakit

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023