Para jamaah sudah dibekali dengan manasik haji mandiri sebanyak 13 pertemuan,
Belitung, Babel (ANTARA) - Sebanyak 112 jamaah calon haji asal Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) siap diberangkatkan menuju Tanah Suci di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah pada musim haji 2023.

"Rencana keberangkatan jamaah calon haji asal Belitung pada awal Juni mendatang," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Belitung, Suyanto di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, komposisi jamaah calon haji tersebut terdiri dari sebanyak 50 jamaah laki-laki dan 62 jamaah perempuan.

Dikatakannya sebanyak 112 jamaah calon haji asal daerah itu seluruhnya telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sehingga siap untuk diberangkatkan.

"Untuk persiapan keberangkatan beberapa tahapan sudah dilaksanakan seperti kelengkapan dokumen, pembuatan paspor, visa, kelengkapan biometrik dan pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Dikatakan dia, para jamaah calon haji tersebut juga telah mengikuti kegiatan manasik haji mandiri yang diadakan sebanyak 13 pertemuan.

"Para jamaah sudah dibekali dengan manasik haji mandiri sebanyak 13 pertemuan," ujarnya.

Suyanto menyebutkan, jamaah calon asal Belitung yang tertua atas nama, Ropi'an (84) asal Tanjung Pandan.

Sedangkan jamaah calon haji asal Belitung yang termuda atas nama, Hafidz Reihan (19) asal Tanjung Pandan.

"Kami juga sudah membagikan koper kepada para jamaah," katanya.

Ia menambahkan, jamaah calon haji asal Kabupaten Belitung merupakan gelombang pertama yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Alhamdulillah Bangka Belitung mendapatkan gelombang pertama yang diberangkatkan tergabung di kloter delapan, kloter sembilan, dan kloter 10 dengan satu kloter ada 360 orang," ujarnya.

Ia mengimbau, para jamaah calon haji asal daerah itu agar tetap menjaga kondisi kesehatan menjelang keberangkatan ke Tanah Suci.

"Kami imbau para jamaah agar senantiasa menjaga kondisi kesehatan jangan sampai sakit menjelang keberangkatan karena ketika tiba di asrama haji Pangkalpinang para jamaah akan menjalani pemeriksaan kesehatan," demikian Suyanto.

Baca juga: IPHI Belitung: Jemaah harus menjadi panutan bagi masyarakat

Baca juga: Koper haji OKU-Sumsel ditukar dengan jamaah Bangka Belitung

Baca juga: Kementerian Bangka Tengah-Babel data 118 calon haji tahun 2023


 

Pewarta: Kasmono
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023