Jakarta (ANTARA) - Berita tentang Pemerintah Arab Saudi yang menambah kuota haji untuk Indonesia dan berpotensi mempersingkat waktu tunggu menjadi salah satu berita terpopuler di kanal humaniora Antaranews.com, pada Minggu kemarin (22/10/2023).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar sejumlah serangkaian kegiatan 'Galanggang Arang' untuk merayakan penetapan Tambang Ombilin sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2019.

Keberadaan Tambang Batubara Ombilin, jalur kereta api, serta Pelabuhan Teluk Bayur menjadi sumber perubahan yang bersifat sinergis bagi Minangkabau dalam memasuki modernisasi dan globalisasi budaya.

Berikut rangkuman berita terpopuler selengkapnya:


Jokowi sebut tambahan kuota haji persingkat waktu tunggu dua tahun

Presiden RI Joko Widodo menyebutkan tambahan kuota haji yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk keberangkatan tahun 2024 dapat mempersingkat waktu tunggu jamaah dua tahun lebih cepat.

Pada 2024, Indonesia mendapat kuota memberangkatkan 221.000 orang untuk berhaji dengan kuota petugas haji sebanyak 2.200 orang.

Baca selengkapnya di sini.


Angka harapan hidup penderita kanker stadium empat hanya 15 persen

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Aru Sudoyo mengatakan angka harapan hidup penderita kanker stadium empat hanya 15 persen.

Pada stadium satu angka harapan hidup penderita sangat tinggi, yakni menyentuh angka 95 persen, stadium dua turun menjadi 80 persen, dan stadium tiga 70 persen.

Baca selengkapnya di sini.


BPBD: Dalam dua hari puluhan rumah rusak terdampak puting beliung

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat dalam dua hari yakni Sabtu, (21/10) dan Minggu, (22/10) bencana angin puting beliung merusak puluhan rumah dan menumbangkan sejumlah pohon besar di empat kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Bencana angin puting beliung tersebut paling parah terjadi di Kecamatan Cireunghas. Akibat kejadian itu di Desa Cipurut sebanyak 58 rumah rusak dengan rincian 56 unit rusak ringan dan dua unit rusak sedang.

Baca selengkapnya di sini.


Kemendikbudristek dukung pelestarian Warisan Tambang Batubara Ombilin

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung keberlanjutan pelestarian Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) serta nilai-nilai masyarakat Minang di masa depan.

Tambang Ombilin merupakan wujud nyata dari suatu warisan budaya di Sumatera Barat karena di dalamnya terkandung nilai kehidupan masyarakat Minang yang juga harus dijaga kelestariannya.

Baca selengkapnya di sini.


Pusat Survei Geologi identifikasi potensi hidrogen alami di Morowali

Pusat Survei Geologi (PSG) Badan Geologi terus melakukan penelitian untuk mengidentifikasi potensi hidrogen alami yang ada di daerah One Pute Jaya, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Temuan mata air One Pute mengingatkan semua pihak akan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, bukan hanya dalam bentuk minyak bumi, gas alam, dan tambang, tetapi juga dalam bentuk sumber energi bersih yang dapat menjadi tonggak besar dalam mewujudkan masa depan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023