"...program untuk mengajarkan anak kelas III dan IV pintar berhitung cepat dengan metode Gasing sudah menjangkau siswa dan guru SD di daerah kepulauan Distrik Aimando,"
Biak (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Biak Numfor, Papua menargetkan 1.200 siswa Sekolah Dasar di daerah setempat pintar berhitung cepat matematika dengan gampang asik dan menyenangkan (Gasing).

"Setelah ada sekitar 225 siswa-siswi Sekolah Dasar di wilayah Biak Kota dan Distrik Aimando sudah belajar berhitung cepat dengan metode Gasing dapat mengimbas lebih banyak anak pintar berhitung," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Biak Numfor Kamaruddin di Biak, Selasa.

Diakui Kadisdikbud Kamaruddin, program Biak pintar dengan program belajar berhitung cepat metode Gasing dilaksanakan Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Surya Institut binaan Prof Yohanes Surya.

Pelaksanaan belajar pintar berhitung dengan Gasing, menurut Kamaruddin, sebagai implementasi visi misi dari Bupati Herry Ario Naap untuk mewujudkan Biak religius berkarakter dan berbudaya.

"Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sudah punya program untuk mengajarkan anak kelas III dan IV pintar berhitung cepat dengan metode Gasing sudah menjangkau siswa dan guru SD di daerah kepulauan Distrik Aimando," katanya.

Pada pelaksanaan program Biak Pintar belajar berhitung cepat di Biak, lanjut Kamaruddin, hingga saat ini telah dilatih kurang lebih 70 guru SD.

"Setelah menyelesaikan belajar berhitung cepat metode Gasing dapat meningkatkan kecerdasaan anak-anak Biak di Kepulauan Distrik Aimando," harapnya.

Ia meminta siswa-siswi SD bersama guru peserta Biak Pintar berhitung cepat metode Gasing untuk dapat mengimbas ke siswa lain di sekolah terdekat.

Program Biak pintar 2023 bagi anak-anak putra asli Papua dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan untuk mewujudkan generasi emas Biak Numfor cerdas, sehat dan pintar.
Baca juga: Disdikbud Biak latih kemampuan 115 siswa SD berhitung cepat Matematika
Baca juga: Kasau resmikan SD-SMP Angkasa Lanud Manuhua Biak
Baca juga: Pemkab Bangli latih para guru dan siswa sistem belajar "gasing"

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023