Jakarta (ANTARA) - KBRI Hongaria menggelar Indonesian Days pada 17-18 Juni di Budapest, Hongaria sebagai bagian dari diplomasi dan promosi Indonesia kepada masyarakat dunia khususnya Eropa, kata Dubes RI untuk Hongaria Dimas Wahab.

Berdasarkan keterangan PPI Hongaria yang diterima di Jakarta, Selasa, Indonesia Days menampilkan produk-produk dan kesenian Indonesia, seperti produk makanan dan minuman, produk kreatif, serta tarian-tarian asal Nusantara.

"Kegiatan tersebut diharapkan dapat mempromosikan Indonesia sebagai negara yang gemah ripah loh jinawi, yang merupakan semboyan Indonesia yang bermakna tentram, makmur yang memiliki tanah yang subur,"  kata Dimas.

Indonesian Days dihadiri oleh sejumlah duta besar negara-negara, seperti dubes Belanda,  Thailand, Hongaria, dan beberapa perwakilan negara lainnya, serta masyarakat Budapest dan masyarakat Indonesia yang ada di Hongaria.

Ada beberapa penampilan yang dihadirkan pada kegiatan tersebut, antara lain Tari Merak, Tari Saman, dan Tari Rumpak Jurami. Musik Gamelan juga ditampilkan yang dimainkan oleh warga Hongaria.

Masyarakat Hongaria juga diperkenalkan dengan kopi asal Indonesia, seperti kopi Gayo dan kopi Toraja yang menjadi daya tarik para warga setempat untuk mencicipinya, demikian menurut keterangan PPI Hongaria.

Sajian kuliner Indonesia juga turut dihadirkan dalam kegiatan tersebut antara lain sate, soto madura dan batagor.

Baca juga: Seniman Indonesia, Hongaria gelar pameran lukisan bersama
Baca juga: KBRI gelar 'A Day in Indonesia' di Hongaria, promosi budaya dan wisata
Baca juga: KBRI kembali selenggarakan "Indonesian Week" hibur warga Hongaria

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023