Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest gencar melakukan penyuluhan dan pendataan Daftar Pemilih Tambahan Luar Negeri (DPTBLN) untuk Pemilu 2024 di berbagai lokasi dan kota di Hongaria, menurut Kedutaan Besar RI setempat.

Dalam kegiatan tersebut, PPLN Budapest, yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemilu bagi warga negara Indonesia (WNI) di Hongaria, menjelaskan pentingnya Pemilu 2024 dan membantu WNI yang baru tiba di negara itu untuk mendaftarkan diri sebagai pemilih.

"Dalam dua pekan terakhir sudah digelar enam agenda penyuluhan dan pendataan DPTBLN di berbagai tempat dan kota di Hongaria," kata Ketua PPLN Budapest Agung Wicaksono dalam keterangan tertulis dari KBRI Budapest pada Minggu.

Dia mengatakan penyuluhan dilakukan untuk memastikan semua pemilih memahami pentingnya pemilu sebagai proses sangat penting dalam transisi kepemimpinan di Indonesia serta memahami berbagai aspek terkait penyelenggaraan pemilu di luar negeri, khususnya di Hongaria.

Selama pendataan, ada lebih dari 100 pemilih baru di Hongaria. Sebagian besar dari mereka adalah pekerja migran dan pelajar Indonesia yang baru tiba di negara tersebut.

Agung mengatakan bahwa PPLN Budapest berkomitmen agar proses pemilu 2024 dapat dipahami seluruh pemilih di Hongaria.

"Upaya sosialisasi dan pendataan ini adalah langkah penting untuk memastikan partisipasi aktif masyarakat Indonesia dalam proses demokratis ini," katanya.

Penyuluhan pertama berlangsung di gedung KBRI Budapest pada 8 Oktober dan para peserta berasal dari kalangan pelajar Indonesia di Hongaria.

Kegiatan yang didukung Perhimpunan Pelajar Indonesia di Hongaria (PPI Hongaria) itu berfokus pada pemahaman pemilu 2024 bagi mahasiswa baru.

Pada 13 Oktober, penyuluhan dan pendataan DPTBLN dilakukan dua kali, salah satunya lewat kolaborasi dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Hongaria (PCIM Hongaria) .

PPLN Budapest kemudian menggelar lagi penyuluhan pada 15 dan 18 Oktober bagi pekerja migran Indonesia yang bekerja di VAPISA Kft.

Kegiatan serupa juga diselenggarakan oleh PPLN Budapest di Kota Pecs pada 17 Oktober.

Baca juga: PPLN Cape Town gelar sosialisasi Pemilu 2024 kepada WNI di Afsel
Baca juga: PPLN Praha sosialisasikan Pemilu 2024 kepada WNI di Ceko

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023