Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest melantik 20 anggota baru Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) yang akan bertugas di 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Hongaria.

Berdasarkan rilis pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest yang diterima di Jakarta pada Sabtu, acara pelantikan yang digelar pada Jumat (26/1) di aula KBRI Budapest itu dipimpin oleh Ketua PPLN Budapest Agung Wicaksono dan turut dihadiri oleh Dubes RI untuk Hongaria Dimas Wahab.

Selain 20 anggota KPPSLN, delapan orang petugas ketertiban juga dilantik untuk mengawal dan mengamankan proses pemungutan suara di TPS.

Setelah pelantikan, pada hari yang sama, PPLN Budapest juga menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) untuk memberikan pemahaman kepada anggota KPPSLN tentang tugas dan tanggung jawab mereka dalam penyelenggaraan pemungutan suara.

Bimbingan dilakukan agar pemilu yang akan berlangsung di Hongaria itu dapat berjalan dengan lancar, aman, dan sukses.

Sementara itu, anggota PPLN Bidang Teknis, Data, dan Informasi La Ode Nazaruddin menyampaikan bahwa terdapat 3 TPS LN di Kota Budapest dan 1 TPS LN di Kota Szeged.

Ketiga TPS di Budapest akan berlokasi di BOK Kocsarnok, sementara TPS di Szeged akan berada di Albert Szent Gyorgi Agora.

Waktu pembukaan TPS LN dijadwalkan mulai pukul 09.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat.

PPLN Budapest berkomitmen untuk memastikan bahwa proses pemilu luar negeri di Hongaria berjalan dengan baik dan sesuai standar.

Melalui kerja sama yang baik antara PPLN Budapest, KPPSLN, petugas ketertiban, dan dukungan penuh KBRI Budapest, pemilu di Hongaria diharapkan dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Baca juga: PPLN Singapura catat 106.515 orang masuk DPTLN Pemilu 2024
Baca juga: PPLN Tunis berupaya terbaik atasi tantangan penyelenggaraan pemilu
Baca juga: PPLN Hong Kong telah terima 54 ribu surat suara tercoblos dari pemilih

Pewarta: Katriana
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024