Jakarta (ANTARA) - Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri Cape Town (PPLN) Inoki Nurza melantik anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Kotak Suara Keliling (KSK).

Berdasarkan rilis pers Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Cape Town yang diperoleh ANTARA Jakarta pada Senin (29/1), disebutkan bahwa pelantikan yang dilaksanakan pada Kamis (25/1) tersebut melengkapi acara persiapan PPLN dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

Sebelumnya pada 21 Desember 2023, PPLN Cape Town telah melantik KPPSLN Pos yang sudah bekerja dengan mengirimkan surat suara kepada WNI yang tersebar di Afrika Selatan.

Dalam sambutannya, Konjen RI Cape Town Tudiono menyampaikan selamat kepada anggota KPPSLN TPS dan KSK yang dilantik.

Konjen RI menekankan pentingnya para anggota untuk bekerja secara cermat dan mematuhi Pakta Integritas yang ditandatangani dan memenuhi sumpah untuk bertindak netral, tidak memihak guna terciptanya Pemilu yang jujur, adil dan berkualitas.

Sementara itu, disebutkan pula bahwa di Cape Town banyak WNI bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) yang bersandar di Pelabuhan Cape Town.

Baca juga: 1.366 KPPSLN dan 396 pengawas TPS dan KSK direkrut di Johor Bahru

Oleh karena itu, PPLN menghadirkan KPPSLN Kotak Suara Keliling dengan menghampiri langsung ABK dari kapal ke kapal dan melaksanakan pemungutan di Rumah Singgah ABK.

Pemungutan suara dengan mekanisme KSK akan dilaksanakan pada Minggu, 4 Februari 2024, dengan mempertimbangkan waktu liburan para ABK yang terikat kontrak kerja dengan pihak kapal.

Adapun pemungutan suara di TPS akan dilaksanakan di halaman kantor KJRI pada 10 Februari 2024.

Pada saat pemungutan suara dengan sistem KSK pada 4 Februari, akan terdapat 23 ABK Indonesia dari 2 kapal berbendera Belize, Edinburg 6 ABK dan kapal Jepang Fukukyu sebanyak 17 ABK.

Dalam penutupnya, Konjen Tudiono menyampaikan doa dan harapan agar Pemilu berjalan sukses dan akan mengundang Perwakilan asing maupun pemangku kepentingan setempat guna menyaksikan proses pencoblosan di TPS pada 10 Februari 2024.

Baca juga: PPLN Budapest lantik anggota KPPSLN jelang Pemilu di Hongaria

Baca juga: PPLN Belanda berkoordinasi semua pihak selenggarakan Pemilu kondusif

Pewarta: Katriana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024