Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest di Hungaria mendata daftar pemilih tambahan luar negeri (DPTbLN) di beberapa daerah yang menjadi kantong-kantong warga negara Indonesia (WNI) di Hungaria untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua PPLN Budapest Agung Wicaksono dalam siaran resminya yang diterima di Jakarta, Minggu, menjelaskan pendataan untuk pemilih tambahan berlangsung pada 8 Oktober 2023, 13 Oktober 2023, dan 15–18 Oktober 2023.

Agung menyebut selama pendataan itu, PPLN mencatat ada lebih dari 100 pemilih tambahan yang sebagian besar para pekerja migran Indonesia dan pelajar/mahasiswa yang baru tiba di Hungaria.

Dia memperkirakan jumlah itu dapat bertambah mengingat pekerja migran dan mahasiswa Indonesia masih ada yang terus datang ke Hungaria untuk belajar dan bekerja.

Dalam sela-sela acara pendataan itu, PPLN Budapest juga menggelar acara sosialisasi kepada WNI mengenai tahapan Pemilu 2024 termasuk terkait pemungutan suara di Hungaria.

“PPLN Budapest berkomitmen membuat proses Pemilihan Umum 2024 dapat dipahami oleh seluruh pemilih di Hungaria. Upaya sosialisasi dan pendataan ini adalah langkah penting untuk memastikan partisipasi aktif masyarakat Indonesia dalam proses (yang) demokratis ini,” kata Agung.

Dalam siaran resmi yang sama, Agung merinci kegiatan sosialisasi dan pendataan PPLN Budapest dalam dua minggu terakhir.

“Pada 8 Oktober 2023, acara pertama diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest dengan peserta dari kalangan pelajar di Hungaria,” kata Ketua PPLN Budapest.

Dia menambahkan mahasiswa Indonesia yang punya hak pilih dan baru tiba di Hungaria menjadi sasaran utama kegiatan tersebut. Acara itu juga didukung oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia di Hungaria.

Kemudian pada 13 Oktober 2023, PPLN Budapest bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Hungaria untuk sosialisasi Pemilu 2024. Anggota PPLN Budapest, pada hari yang sama, juga bertolak ke Kota Szarvas untuk mendata pekerja migran Indonesia sekaligus memberi informasi mereka dapat memberikan suaranya saat pemilu di Hungaria.

Agenda lainnya berlangsung pada 15 Oktober 2023 dan 18 Oktober 2023 di asrama pekerja migran Indonesia di Budapest.

“Kegiatan ini penting karena banyak pekerja migran Indonesia yang baru tiba di Hungaria. PPLN Budapest berupaya memastikan hak pilih mereka dapat terakomodir,” kata Agung.

Tidak hanya itu, PPLN Budapest juga menggelar penyuluhan terkait pemilu dan pendataan pemilih tambahan di Kota Pecs pada 17 Oktober 2023, Agung menambahkan.
Baca juga: KBRI Budapest: PPLN gencar sosialisasikan Pemilu 2024 di Hongaria
Baca juga: PPLN Budapest terus sosialisasikan Pemilu Indonesia 2024 di Hongaria
Baca juga: PPLN Budapest sosialisasikan Pemilu 2024 saat perayaan Idul Adha

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023