Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri Budapest (PPLN Budapest), yang merupakan penyelenggara Pemilu di Hongaria, terus mensosialisasikan Pemilu 2024 ke seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di berbagai wilayah di Hongaria.

"Kami PPLN Budapest berusaha untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai Pemilu 2024 di Hongaria," kata Ketua PPLN Budapest, Agung Wicaksono melalui rilis pers yang diperoleh ANTARA, Jakarta, Sabtu.

Agung mengatakan bahwa melalui sosialisasi yang komprehensif, PPLN Budapest berusaha memperkuat kesadaran akan pentingnya pemilu dalam konteks negara demokrasi, selain juga memperkenalkan tata cara pemilu, dan mengupas berbagai aspek relevan terkait pemilu.

Ia menegaskan bahwa setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) Hongaria yang mencapai 1.191 pemilih, PPLN Budapest memfokuskan upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Hongaria.

Sosialisasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab para WNI di Hongaria dalam menentukan arah masa depan negara melalui proses demokrasi yang jujur, bersih dan adil, lanjutnya.

"Kami berusaha hadir langsung ke daerah-daerah untuk mendatangi WNI yang memiliki hak pilih untuk langsung berdiskusi tentang berbagai hal tentang pemilu," kata Agung, yang juga Dosen Ilmu Pemerintahan di Universitas Islam Riau dan Mahasiswa Doktoral di Bidang Ilmu Politik di Corvinus University of Budapest.

Sosialisasi telah dilakukan di berbagai kota di Hongaria, dengan target utama adalah mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Hongaria, peserta mahasiswa vokasi dari kampus Indonesia yang tersebar di berbagai kota, serta pekerja migran Indonesia yang berada di Hongaria, yang jumlahnya semakin meningkat setiap tahun.

Sejumlah kota yang telah dikunjungi oleh PPLN Budapest dalam sosialisasi tersebut meliputi Budapest, Szeged, Nyiregyhaza, Nyirbator, Szarvas, dan Papa.

Dalam waktu dekat, PPLN Budapest berencana untuk segera melanjutkan sosialisasi ke Kota Bekescsaba, yang juga menjadi tempat tinggal bagj banyak pekerja migran Indonesia.

Sosialisasi Pemilu 2024 Indonesia di Hongaria mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest.

Pelaksana Fungsi Protokoler dan Konsuler KBRI Budapest, yang juga menjabat sebagai Sekretaris PPLN Budapest, Sherly Ponti Windarfi, menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara KBRI Budapest dan PPLN Budapest dalam upaya menyukseskan Pemilu 2024.

"KBRI Budapest dan PPLN Budapest harus bersinergi bersama untuk mensukseskan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan kurang lebih setengah tahun lagi," kata Sherly.

Baca juga: PPLN Budapest sosialisasikan Pemilu 2024 saat perayaan Idul Adha 
Baca juga: Indonesia dorong penguatan kerja sama dengan negara-negara Visegrad
Baca juga: Pemerintah Hongaria berharap proyek MLFF di Indonesia dapat terlaksana

Pewarta: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023