Jakarta (ANTARA) - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest melakukan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kompleks Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest, bersamaan dengan pelaksanaan Sholat Idul Adha pada Rabu (28/6).

Melalui keterangan yang diperoleh ANTARA, Jakarta, Jumat, Ketua PPLN Budapest Agung Wicaksono menjelaskan bahwa Idul Adha bukan hanya peristiwa sakral bagi umat Islam, tetapi juga menjadi kesempatan untuk berkumpul dan bersilaturahmi bagi seluruh WNI dari berbagai kalangan di Hongaria.

Dalam kesempatan tersebut, sosialisasi dilakukan guna memberikan informasi penting terkait pelaksanaan Pemilu 2024, termasuk jadwal pemilu, Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN), dan gambaran umum tentang tata cara pelaksanaan pemilu di Hongaria.

Agung, yang sedang menempuh studi doktoral di bidang Ilmu Politik di Corvinus University of Budapest, menekankan bahwa pemilu berperan penting dalam memberikan legitimasi politik kepada pemerintahan dan para pemimpin yang terpilih, baik di eksekutif maupun legislatif.

Melalui proses pemilu, prinsip dasar negara demokrasi yang berlandaskan kedaulatan rakyat dapat terwujud, katanya.

Acara Sosialisasi Pemilu 2024 tersebut merupakan kolaborasi antara PPLN Budapest dan KBRI Budapest, dengan tujuan bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan yang akan datang.

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 300 orang, yang terdiri dari pelajar Indonesia, pekerja migran Indonesia, dan warga Indonesia lain yang memiliki beragam latar belakang.

Arif Singapurwoko, seorang Dosen Universitas Islam Indonesia yang sedang menjalani studi doktoral di University of Pecs, berpendapat sosialisasi Pemilu 2024 penting untuk dilakukan guna meningkatkan kesadaran dan partisipasi WNI di Hongaria dalam Pemilu 2024.

Pendapat serupa juga disampaikan Agra Adipta, seorang WNI yang bekerja di Hongaria.

Agra mengatakan bahwa sosialisasi tersebut memberinya pengetahuan tambahan mengenai aspek-aspek penting dalam pemilu 2024 di Hongaria, salah satunya bahwa pemilihan di luar negeri hanya menyediakan dua surat suara, yaitu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta DPR-RI Daerah Pemilihan DKI Jakarta II.

Baca juga: PPLN Praha sosialisasikan Pemilu 2024 kepada WNI di Ceko
Baca juga: PPLN Doha tetapkan 7.325 DPT pemilu 2024, mayoritas perempuan
Baca juga: PPLN Beijing putuskan Pemilu 2024 dua metode dengan jumlah pemilih 786

Pewarta: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023