AirAsia kini tidak sendiri lagi..."
Pekanbaru (ANTARA News) - Indonesia Air Transport secara resmi beroperasi di Pekanbaru menerbangi rute Bandung-Pekanbaru-Bandung menggunakan armada pesawat jenis Airbus A320, setelah sempat tertunda satu kali pada Sabtu (16/2).

"Akhirnya Indonesia Air resmi beroperasi setelah pada akhir pekan kemarin batal dilakukan dengan alasan yang tidak jelas," ujar Airport Duty Manager Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Ibnu Hasan, di Pekanbaru, Jumat.

Dia menjelaskan, maskapai penerbangan tersebut tiba dari Bandung, Jawa Barat, di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II tepat pukul 16.10 Wib dengan membawa penumpang dari "Kota Kembang".

Kemudian Indonesia Air membawa penumpang yang berjumlah 80 orang, termasuk 10 orang diantaranya adalah pegawai PT Angkasa Pura II Cabang Sultan Syarif Kasim II pada pukul 16.45 Wib.

Dengan kehadiran Indonesia Air, masyarakat Riau dan sekitarnya diberi pilihan untuk terbang ke Bandung yang selama ini hanya mengunakan Indonesia AirAsia yang melayani penerbangan setiap hari.

"AirAsia kini tidak sendiri lagi karena telah ada maskapai baru dan kami berharap kedua `airlines` itu bisa bersaing secara sehat dalam merebut hati penumpang," katanya.

Station Manager Indonesia Air Tranport Pekanbaru Ericson Pasaribu yang dihubungi secara terpisah mengatakan, maskapai yang memiliki kode registrasi dari Kementerian Perhubungan PK-TAA terbang secara komersil terhitung efektif dimulai pada hari ini.

Sebelumnya Indonesia Air telah menjalani uji coba penerbangan (proving flight) rute yang ditempuh termasuk Pekanbaru-Bandung pada tanggal 14-15 Februari 2013.

Indonesia Air Transport (IAT) bernaung di bawah bendera MNC Group dan sebagai salah satu penerbangan yang sudah "go public".

IAT berdiri sejak 1968, menggunakan pesawat jenis ATR dengan penerbangan reguler serta carter atau disewa oleh perusahaan minyak yang berada di Pulau Kalimantan. (M046/B008)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013