Kami sangat optimis bahwa United E-Motor sangat sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah maupun masyarakat.
Makassar (ANTARA) - Kalla Kars sebagai authorized dealer United E-Motor, produsen motor listrik, mengajak berbagai pemerintah daerah kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan (Sulsel) bekerja sama dalam penggunaan motor listrik.

Pasalnya, pemerintah pusat menyediakan kuota subsidi sebanyak 200 ribu unit untuk pembelian kendaraan motor listrik dalam mendorong transisi energi di tengah masyarakat yang akan diberikan pada setiap pemerintah daerah.

Pelaksana Tugas Sales Support, Logistic & Marketing Manager Kalla Kars Yulia Herman, di Makassar, Selasa, mengatakan United E-Motor dapat menjadi pilihan tepat bagi pemerintah daerah untuk menghadirkan motor listrik.

"Kami sangat optimis bahwa United E-Motor sangat sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah maupun masyarakat," kata dia.

Demi memajukan perekonomian di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan regulasi terkait penggunaan motor listrik melalui Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Menurut Yulia, pasar motor listrik cukup besar dan hanya 13 brand yang akan pemerintah gunakan dengan standar TKDN sebesar 40 persen. Sementara motor ini merupakan produk yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tertinggi sebesar 57,19 persen dibanding kompetitor lain.

"United telah memenuhi standar tersebut, sehingga kami optimistis melalui produk United ini," katanya pula.

Kehadiran United E-Motor sejauh ini dinilai sukses mencuri perhatian di lingkup pemerintah daerah di Sulsel. Oleh karena itu, produk ini pun dinilai akan mampu bersaing dan terserap dengan baik dalam pasar motor listrik.

Sejumlah kepala daerah di Sulsel telah ikut menjajal motor listrik dari Kalla Kars melalui test ride usai meluncurkan tiga produk motor listrik di Makassar.

Adapun deretan kepada daerah yang telah melakukan test ride bersama United E-Motor, yakni Mohammad Ramdhan Pomanto (Wali Kota Makassar), Chaidir Syam (Bupati Maros), dan Irwan Hamid (Bupati Pinrang).

Selain kepala daerah, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Makassar juga telah melakukan test ride, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kesehatan dan terkini Dinas Koperasi dan UKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar Muhammad Rheza mengapresiasi kehadiran United E-Motor. Motor listrik sangat terkoneksi dengan program Tettere dari Pemerintah Kota Makassar.

Tettere merupakan kendaraan roda dua berbasis listrik yang nantinya digunakan untuk menjual produk UMKM di tiap kelurahan.

"Kami mendukung produk listrik dari KALLA ini dan kami akan menjajaki kerja sama, apalagi saat ini program pemerintah sangat mendorong kehadiran kendaraan listrik," kata Rheza.

Ia pun sempat merasakan langsung sensasi berkendara bersama United E-Motor di sekitaran Jalan Sultan Hasanuddin, Selasa ini. Dalam test ride ini, turut hadir pula Chief Corporate Strategic Officer KALLA Achmad Soegiarto bersama manajemen Kalla Kars.
Baca juga: Kalla Kars meluncurkan motor listrik dorong transisi energi

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023