Jakarta (ANTARA) - Inspektur Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Estiarty Haryani menekankan keutamaan integritas sebagai indikator upaya pencegahan korupsi.

"Integritas merupakan suatu keutamaan, karena merepresentasikan kejujuran, pengendalian internal, yang menjadi indikator upaya pencegahan korupsi," kata Inspektur Jenderal Kemnaker, Estiarty Haryani dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kemnaker tingkatkan pelayanan pengujian K3 kepada masyarakat industri

Dalam sambutan pembukaan Rapat Kerja Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemnaker Tahun 2023, di Semarang, Jawa Tengah pada 20-23 Juni 2023, disampaikan bahwa Survei Penilaian Integritas (SPI) 2022, indeks integritas Kemnaker memperoleh skor sebesar 74,64, sedangkan untuk skor integritas berada di atas rata-rata nasional, yakni 71,94.

Estiarty menambahkan terkait peningkatan pengawasan internal yang akan membawa Kemnaker meraih kembali status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Inspektorat Jenderal Kemnaker mempunyai peran melakukan kegiatan penjaminan (assurance), juga memberikan konsultasi, nasehat serta saran kepada para mitra melalui kegiatan konsultansi (consulting) yang independen dan objektif.

"Dengan demikian, insan-insan auditor di Itjen Kemnaker harus profesional, mengerti semua masalah, serta paham akan kondisi dan aturan," tuturnya.

Baca juga: Sekjen: Kemnaker punya empat program untuk angkatan kerja muda

Baca juga: Menaker: Dialog sosial kunci terwujudnya pelindungan hak-hak pekerja


Mengakhiri sambutannya, Estiarty mengharapkan raker Itjen 2023 dapat menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan Inspektorat Jenderal Tahun 2024.

"Jadikan raker ini sebagai media internalisasi, ruang komunikasi untuk meningkatkan kapasitas, serta media apresiasi," tuturnya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023